Sukses

Polisi Sebut Jokowi Tak Ikut Parade MotoGP: Hanya Melepas Seremoni dari Istana

Rencananya, ini akan dilepas langsung oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi dari Istana Negara pada pukul 10.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta Parade MotoGP akan dilakukan di Jakarta, Rabu, 16 Maret 2022. Rencananya, ini akan dilepas langsung oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi dari Istana Negara pada pukul 10.00 WIB.

"Pak Jokowi hanya melepas saja di Istana," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, kepada awak media di Jakarta, Selasa (15/3/2022).

Dia mengatakan, Polda Metro Jaya akan melakukan pengamanan jalur dari Istana Negara dengan melakukan penutupan jalur pada saat rombongan parade melintas.

"Pengamanan terutama dari arah utara ke selatan, sedang dari arah berlawanan selatan ke utara akan berjalan normal seperti biasa," jelas Sambodo.

Sambodo memastikan, penutupan dilakukan satu arus, sehingga tidak terlalu mengganggu mobilitas warga yang berkegiatan secara normal. "Akan ada penutupan satu arus itu pun pada saat rombongan melintas dari Istana," kata dia.

Sambodo menuturkan, pengamanan dilakukan secara ekstra. Sehingga tidak ada masyarakat yang bisa masuk barisan dan mengganggu parade.

"Jadi supaya jangan ada penonton yang tiba-tiba nyelonong ke tengah atau pun menjaga keamanan daripada para pembalap," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penjelasan Istana

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menekankan tidak ada jadwal Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan berkonvoi dengan pembalap MotoGP.

Dia mempersilahkan apabila pembalap MotoGP menggelar konvoi, karena Jokowi tak akan ikut.

"Tidak ada konvoi yang dihadiri Presiden. Kalau pembalap (MotoGP) konvoi menuju titik lain, silahkan," kata Heru kepada wartawan, Selasa (15/3/2022).

Jokowi sendiri dikabarkan akan menerima sejumlah pembalap MotoGP.

Hanya saja, Heru belum bisa memastikan kapan Jokowi akan menggelar pertemuan dengan para pembalap itu.

"Nanti akan kami rilis," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.