Sukses

Polda Metro Siap Amankan Parade MotoGP di Jakarta, 16 Maret 2022

Presiden Jokowi bersama 20 pembalap bakal melakukan parade di Jakarta pada 16 Maret sebelum ajang MotoGP Mandalika dimulai.

Liputan6.com, Jakarta - Polda Metro Jaya menyatakan kesiapannya mengamankan rangkaian kegiatan parade MotoGP di Jakarta. Sebanyak 20 pembalap bakal melakukan parade di jalanan ibu kota Jakarta pada 16 Maret 2022 mendatang.

"Yang jelas kami kepolisian akan mengamankan secara maksimal," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan di Jakarta Pusat, Kamis (10/3/2022).

Zulpan menerangkan, pihaknya mendengar bahwa 20 pembalap bakal melakukan parade di Jakarta pada 16 Maret mendatang sebelum ajang MotoGP Mandalika dimulai. Pernyataan itu disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno.

"Kita baru dengar pernyataan dari Pak Sandiaga Uno, tanggal 16 Maret, 20 riders bersama Bapak Presiden akan mempromosikan dengan riding bersama di Jakarta sebelum memulai perlombaan di Mandalika," terang dia.

Zulpan menerangkan, kepolisian dalam hal ini berpedoman pada prosedur tetap pengamanan. Nanti tentunya akan berkolaborasi dengan unsur lain seperti TNI.

"Kehadiran Presiden Jokowi ada protap tentunya kita akan kerja sama dengan unsur TNI dan Paspampres. Pengamanan lain sepanjang jalur pasti kita amankan. Di dalam 20 riders ada Presiden, protap RI 1, kepolisian, TNI dan Paspampres pasti," terang dia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penutupan Jalan

Zulpan menyebut, skenario penutupan jalan bisa saja dilakukan pada saat acara berlangsung. Namun, Ia mengakui belum mengetahui secara detail rute yang dilalui para pembalap.

"Oh iya iya (penutupan). Ini dalam rangka keselamatan pengendara lainnya selain 20 rider tambah Presiden. Kita belum tahu rute pastinya, jarak berapa, tapi pasti pengamanan maksimal," terang dia.

Zulpan menegaskan, Polda Metro Jaya mendukung semua kebijakan pemerintah. Apalagi, parade ini bertujuan untuk mempromosikan pariwisata Indonesia.

"Kita dukung kebijakan pemerintah apalagi ini tujuannya bagus untuk mempromosikan pariwisata Indonesia, Indonesia siap bangkit setelah hadapi cobaan pandemi Covid ini," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.