Sukses

7 Fakta Model Novi Amelia Tewas Diduga Bunuh Diri di Apartemen Kalibata City

Polisi memastikan bahwa korban diduga bunuh diri di Apartemen Kalibata City adalah Novi Amelia (35) yang berprofesi sebagai model untuk majalah dewasa.

Liputan6.com, Jakarta - Polres Metro Jakarta Selatan mengungkap identitas wanita yang diduga meninggal dunia akibat bunuh diri di Apartemen Kalibata City, Jakarta Selatan, Rabu (16/2/2022) pagi tadi. 

Polisi memastikan bahwa korban adalah Novi Amelia (35) yang berprofesi sebagai model untuk majalah dewasa.

Sebelum Novi Amelia ditemukan tewas, pihak keamanan Kalibata City mencium gelagat korban yang dinilai mencurigakan. Saat itu, model majalah dewasa tersebut terlihat berlari ke lantai atas dan mencoba mendobrak pintu di lantai 8. 

"Sekuriti melihatnya ada gelagat si korban lari ke atas. Tiba-tiba dari lantai 8 ternyata pintu terkunci dari dalam didobrak dia (korban) sudah mendarat di bawah," kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, AKBP Ridwan Solpanit saat dihubungi, Rabu.

Guna mengungkap kasus ini lebih lanjut, polisi telah memeriksa sejumlah saksi. Selain petugas keamanan dari Apartemen Kalibata City, pihak keluarga juga akan dimintai keterangan.

Berikut deretan fakta Novi Amelia yang ditemukan tewas diduga bunuh diri di Kalibata City yang dihimpun Liputan6.com:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Berawal dari Gelagat Korban yang Mencurigakan

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, AKBP Ridwan Solpanit menerangkan, kematian korban Novi Amelia alias LA pertama kali diketahui oleh sekuriti Kalibata City.

Berdasarkan keterangan, korban LA sempat menunjukkan gelagat yang mencurigakan pada Rabu (16/2/2022) pagi sebelum ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

3 dari 9 halaman

2. Sekuriti Kalibata City dan Keluarga Dimintai Keterangan

Ridwan menerangkan, kasus dugaan bunuh diri itu ditangani penyidik Polsek Pancoran. Saat ini beberapa saksi sedang dimintai keterangan.

"Ada saksi yang diperiksa dengan beberapa sekuriti apartemennya," kata dia.

Di samping itu, penyidik berkoordinasi dengan pihak keluarga korban yang berada di Padang. Beredar informasi inisial LA itu adalah model majalah dewasa Novi Amalia.

"Mungkin itu. Jadi kita masih lidik aja nanti konfirmasi dengan pihak keluarga belum kita pastikan," ujar dia.

4 dari 9 halaman

3. Wanita Bunuh Diri Dipastikan Novi Amelia

Usai penyidik mendapatkan informasi dari pihak keluarga berkenaan dengan latar belakang wanita berinisial LA. Polisi mengkonfirmasi, korban LA adalah Novi Amelia.

"Konfirmasi salah satu keluarganya sama," kata Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Budhi Herdi Susianto saat dihubungi, Rabu (16/2/2022).

5 dari 9 halaman

4. Tidak Ada Tanda Penganiayaan

Budhi pun memastikan, penyebab meninggalnya LA adalah akibat bunuh diri. Hasil penyelidikan, tidak ditemukan adanya tanda-tanda penganiayaan pada tubuh korban.

"Hasil lidik (penyelidikan) kami dikuatkan keterangan saksi-saksi itu memang korbannya bunuh diri," jelas dia.

6 dari 9 halaman

5. Kronologi

Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Budhi Herdi Susianto juga menerangkan, pihaknya telah memeriksa dua orang saksi kunci yang mengetahui secara detail kronologi kasus dugaan bunuh diri Novi Amelia. 

Penuturan salah satu saksi, korban sempat terlihat duduk di balkon belakang lantai 8 apartemen. Saksi saat itu sudah melihat korban sejak dari lantai bawah.

Kepada polisi, saksi mengaku berusaha mencegah agar korban tak melakukan hal-hal yang tidak diinginkan.

"Iya dia (korban) awalnya duduk di balkon, terus dari saksi menyampaikan 'mohon jangan loncat'. Itu disampaikan dari bawah," kata Budhi saat dihubungi, Rabu (16/2/2022).

Budhi menerangkan, saksi kemudian bergegas naik ke atas untuk menghampiri korban. Namun, saat saksi sampai di atas, korban sudah ditemukan tewas tergeletak di bawah apartemen.

"Saksi naik ke atas, tapi pintu di kunci dari dalam. Akhirnya saksi dobrak. Tapi almarhumah sudah loncat," ujar dia.

7 dari 9 halaman

6. Jenazah Masih di RS Fatmawati

Jenazah model majalah dewasa Novi Amelia hingga saat ini masih berada di Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta Selatan. Kepolisian sedang menunggu korfirmasi dari pihak keluarga yang akan mengambil jenazah.

Jenazah Novi Amelia dievakuasi oleh pihak kepolisian dari Apartemen Kalibata City, Pancoran, Jakarta Selatan pada Rabu pagi (16/2/2022). Wanita berusia 35 tahun itu diduga meninggal akibat bunuh diri. 

"Iya (jenazah) masih di Rumah Sakit Fatmawati," kata Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Budhi Herdi Susianto saat dihubungi, Rabu (16/2/2022).

Budhi mengatakan, penyidik telah berkomunikasi melalui sambungan telepon dengan pihak keluarga. Saat ini, keluarga korban masih berada di luar DKI Jakarta.

"Keluarga sudah dihubungi tapi ada di luar kota," ujar dia.

Budhi memastikan, belum ada pihak keluarga yang menjemput jenazah di Rumah Sakit Fatmawati.

"Belum (dijemput) nanti dari pihak rumah sakit meminta persetujuan dari penyidik," ucap dia.

 

8 dari 9 halaman

7. Dalami Motif Bunuh Diri

Polisi mendalami motif model majalah dewasa, Novi Amelia nekat mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri di Apartemen Kalibata City, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (16/2/2022) pagi.

Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Budhi Herdi Susianto menerangkan, ada dua orang yang telah diperiksa sebagai saksi terkait kasus kematian Novi Amelia. Budhi menyebut, keduanya adalah saksi kunci.

"Sampai saat ini dua (saksi diminta keterangan), yang jelas saksi kunci yang mau menolong yang bersangkutan," kata Budhi saat dihubungi, Rabu (16/2/2022).

Budhi mengatakan, pihaknya belum bisa mengungkap motif Novi Amelia bunuh diri. Menurut dia, hal itu masih ditelusuri oleh penyidik.

"Masih dalam proses penyelidikan kami," ujar dia.

9 dari 9 halaman

Kontak Bantuan

Bunuh diri bukan jawaban apalagi solusi dari semua permasalahan hidup yang seringkali menghimpit. Bila Anda, teman, saudara, atau keluarga yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit, dilanda depresi dan merasakan dorongan untuk bunuh diri, sangat disarankan menghubungi dokter kesehatan jiwa di fasilitas kesehatan (Puskesmas atau Rumah Sakit) terdekat.

Bisa juga mengunduh aplikasi Sahabatku: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tldigital.sahabatku

Atau hubungi Call Center 24 jam Halo Kemenkes 1500-567 yang melayani berbagai pengaduan, permintaan, dan saran masyarakat.

Anda juga bisa mengirim pesan singkat ke 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat surat elektronik (surel) kontak@kemkes.go.id.   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.