Sukses

4 Arahan Ridwan Kamil Saat Bodebek dan Bandung Raya Kembali Berstatus PPKM Level 3

Wilayah aglomerasi di Jawa Barat kembali menerapkan PPKM level 3 seiring meningkatnya kasus Covid-19. Menyikapi hal ini, Ridwan Kamil meminta kedua wilayah meningkatkan tracing.

Liputan6.com, Jakarta Menyusul kasus Covid-19 yang terus menanjak, pemerintah kembali menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 di sejumlah daerah. Salah satunya di Jawa Barat, Bodebek (Bogor-Depok-Bekasi) dan Bandung raya.

Menyikapi hal ini, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta dilakukan tracing kepada mereka yang pernah melakukan kontak erat.

"Penekanannya tolong diingatkan lagi, kata Pak Luhut bukan tingginya kasus yang utama tetapi rendahnya tracing. Sehingga ini memotivasi agar wilayah Bodebek dan Bandung raya meningkatkan tracing sehingga satu yang sakit, harus dicek sebanyak mungkin kontak eratnya," kata pria yang akrab disapa Emil itu di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin, 7 Februari 2022.

Untuk diketahui, kasus positif di Kota Depok pada Minggu 6 Februari kemarin totalnya menjadi 11.324 kasus setelah terjadi penambahan 1.706 kasus. 

Bahkan berdasarkan data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) dilaporkan, kasus Covid-19 Omicron di Kota Depok telah lampaui puncak varian Delta. 

Bandung Raya pun dilaporkan alami kenaikan dalam dua pekan terakhir dengan angka mencapai 700 lebih kasus positif.

Melihat kondisi tersebut, Ridwan Kamil memberikan sederet arahan guna menekan kasus positif sejumlah daerah di bawah kepemimpinanmya. 

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap 3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Vaksinasi Kedua untuk Lansia Ditingkatkan

Adanya lonjakan kasus yang terjadi saat ini termasuk varian Omicron yang penyebarannya jauh lebih cepat, pria yang akrab disapa Emil ini meminta vaksinasi dosis dua khususnya bagi lansia ditingkatkan. Hal ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Omicron ini kasusnya cepat, ada empat wilayah di Jabar yang kasus hariannya sudah melebihi rekor Delta per harinya. Salah satunya Depok, kemudian Kota Bekasi dan lain-lain. Nah, tetapi tingkat hospitalisasinya rendah," ungkpa eks Wali Kota Bandung itu.

3 dari 5 halaman

2. Isolasi Mandiri Bagi yang Bergejala Ringan

Guna mengantisipasi penumpukan pasien Covid-19 di rumah sakit dan menjaga kestabilan BOR, Emil mengimbau kepada masyarakat agar yang bergejala ringan melakukan isolasi mandiri dengan suplai obat-obatan yang diberikan gratis oleh puskesmas di wilayah masing-masing.

"Jabar mengimbau kepada masyarakat agar kalau tidak ada gejala atau gejala ringan jangan dikit-dikit mendatangi rumah sakit. Dengan tiga empat hari sembuh, yang tidak bergejala dan bergejala ringan relatif bisa sembuh sendiri dengan obat-obatan gratis dari negara yang bisa kami bantu melalui telemedicine Kementerian Kesehatan," tuturnya.

4 dari 5 halaman

3. Tracing Mereka yang Kontak Erat

Ridwan Kamil juga meminta Bodebek (Bogor-Depok-Bekasi) dan Bandung raya  untuk meningkatkan tracing atau pengetesan terhadap kontak erat orang yang terpapar Covid-19.

"Penekanannya tolong diingatkan lagi, kata Pak Luhut bukan tingginya kasus yang utama tetapi rendahnya tracing. Sehingga ini memotivasi agar wilayah Bodebek dan Bandung raya meningkatkan tracing sehingga satu yang sakit, harus dicek sebanyak mungkin kontak eratnya," ucap Ridwan Kamil.

5 dari 5 halaman

4. Pengetesan Acak di Tempat Wisata

Khusus untuk Kota Bandung, Emil menginstruksikan kepada Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Bandung Yana Mulyana agar melakukan pengetesan acak di sejumlah tempat hiburan, seperti restoran dan hotel.

Emil mencurigai penyebaran Covid-19 khususnya varian Omicron terjadi di Bandung karena tingginya jumlah wisatawan yang datang saat libur akhir tahun kemarin.

"Saya minta khususnya di Bandung, Pak Yana menyampaikan agar melakukan random sampling pengetesan di PHRI, hotel restoran karena dugaan derasnya wisatawan memengaruhi kasus Omicron khususnya di Kota Bandung," ucapnya.

Emil juga meminta kebijakan setiap daerah dalam memberlakukan PPKM level 3. Sebab, meski wilayah Bandung raya yang terdiri dari Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, dan Kota Sumedang sama-sama berstatus level 3 namun angka kasusnya berbeda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • PPKM adalah singkatan dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat.

    PPKM

  • PPKM Level 3 adalah upaya pemerintah yang dikeluarkan untuk mengatur perpanjangan PPKM Darurat.

    PPKM Level 3

  • Kota Bandung akhirnya berstatus level 2 dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali periode ini.
    Kota Bandung akhirnya berstatus level 2 dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali periode ini.

    PPKM Bandung

  • Ridwan Kamil adalah Wali Kota Bandung yang menjabat periode 2013-2018. Sebelum menjadi Wali Kota, ia dikenal sebagai dosen dan arsitek
    Ridwan Kamil adalah Wali Kota Bandung yang menjabat periode 2013-2018. Sebelum menjadi Wali Kota, ia dikenal sebagai dosen dan arsitek

    Ridwan Kamil

  • Apa