Sukses

Tak Kenakan Masker, Puluhan Warga di Tanah Abang Disanksi Menyapu Jalan

Liputan6.com, Jakarta Petugas Satpol PP Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat kembali menggelar Operasi Tertib Masker (Tibmask). Hasilnya sebanyak 32 warga yang kedapatan tidak menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah langsung dijatuhi sanksi sosial berupa menyapu fasilitas umum.

Koordinator Lapangan Satpol PP Kecamatan Tanah Abang, Husni Pamungkas mengatakan, Operasi Tibmask dilakukan untuk meminimalisir penyebaran COVID-19, terlebih saat ini wilayah DKI Jakarta masuk dalam kategori PPKM level 2 sehingga perlu pegawasan yang lebih intensif sekaligus meningkatkan disiplin masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan (prokes).

"Hari ini para pelanggar memilih sanksi sosial yakni menyapu fasilitas umum selama 60 menit. Rata-rata para pelanggar ini merupakan para pejalan kaki," ujar Husni, Rabu (1/12/2021).

Dikatakan Husni, operasi dilakukan di Jalan Kebon Kacang, Jalan Palmerah Barat, Jalan Danau Rondano, Jalan Kebon Jati depan Blok G Tanah Abang, serta di Jalan KH Mas Mansyur.

"Kegiatan berjalan kondusif. Kami mengerahkan 15 personel. Kami juga selalu mengimbau agar warga tetap mematuhi prokes untuk pencegahan COVID-19," tandasnya seperti dikutip BeritaJakarta.id.

Sebelumnya, Satpol PP Jakarta Barat juga kembali menggelar Operasi Tertib Masker (Tibmask) di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1.

Kali ini Operasi Tibmask digelar di dua titik yakni di Jalan Tapak Siring, Kelurahan Kalideres dan Jalan Peta Barat, Kelurahan Pegadungan, Kecamatan Kalideres. Hasilnya, sebanyak 55 warga yang tidak menggunakan masker ditindak.

Kepala Satpol PP Jakarta Barat, Tamo Sijabat mengatakan, di Kecamatan Kalideres pihaknya mengerahkan sebanyak 30 personel. Dari Jalan Tapak Siring pihaknya berhasil menindak 27 pelanggar. Sedangkan di Jalan Peta Barat pihaknya berhasil menindak sebanyak 28 pelanggar.

"Para pelanggar dijatuhi sanksi sosial membersihkan sampah dan sanksi administrasi denda total sebesar Rp 300 ribu," ujar Tamo, Selasa (16/11/2021).

 

2 dari 2 halaman

Jaring Belasan Pelanggar

Di hari yang sama, sambung Tamo, pihaknya juga menggelar kegiatan serupa di Jalan Haji Taisir Kelurahan Palmerah, dan Jalan KS Tubun Raya Kelurahan Slipi, Kecamatan Palmerah.

Dalam giat yang mengerahkan 35 personel Satpol PP tersebut, sebanyak 17 pelanggar berhasil ditindak dan dijatuhi sanksi sosial membersihkan sampah di tempat fasilitas umum.

"Kami berharap dengan Operasi Tertib Masker, warga tetap patuh menerapkan protokol kesehatan khususnya menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah," tandasnya.