Sukses

Ridwan Kamil Sarankan Tunda Pelaksanaan Reuni 212

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyarankan kepada pihak panitia untuk menunda reuni 212 yang direncanakan digelar di Masjid Az Zikra, Sentul, Kabupaten Bogor.

"Saya sih tetap menyarankan tidak dilakukan dulu karena situasi masih pandemi, kira-kira begitu," kata Ridwan Kamil saat meninjau pembangunan Alun Alun Kota Bogor, Selasa (30/11/2021).

Terkecuali, pelaksanaannya di tempat sendiri atau bukan di tempat umum, maka pria yang akrab disapa Kang Emil tidak mempersoalkannya.

"Itu hak pribadi ya. Kalau dilaksanakannya di alun-alun atau fasilitas publik baru kita tolak atau kami tidak akan memberi rekomendasi, karena situasi masih belum aman," ucapnya.

Diketahui, reuni 212 dipindah ke Masjid Az Zikra, Sentul, Kabupaten Bogor, setelah sebelumnya akan digelar di Patung Kuda Arjuna Wiwaha DKI Jakarta.

Ketua Panitia Reuni 212 Eka Jaya mengatakan, keputusan ini diambil usai Satgas Covid-19 tidak mengeluarkan surat rekomendasi. Hal itu atas pertimbangan kondisi pandemi Covid-19.

"Gugus tugas tadi sudah tidak memberikan rekomendasi, dalam bahasanya karena Covid-19, ada varian baru. Jadi larinya kesitu," ujar Eka kepada wartawan, Selasa (30/11/2021).

2 dari 2 halaman

Diganti dengan Zikir

Eka menjelaskan kegiatan reuni akan diganti dengan zikir dan munajat di Masjid Az Zikra Sentul secara terbatas. Sedangkan para pesertanya bisa mengikutinya melalui siaran daring.

"Jadi tetap kami mengadakan zikir dan munajat, seperti tahun lalu di Masjid Az Zikra Sentul. Di daerah kami sudah konsolidasikan untuk membuat juga," ucapnya.