Sukses

Transjakarta Ujicoba Bus Listrik Rute Blok M - Balai Kota

Jhony menambahkan, semua armada konvensional Transjakarta secara bertahap akan beralih menggunakan armada listrik.

Liputan6.com, Jakarta - PT Transportasi Jakarta atau Transjakarta melakukan pelepasan uji coba satu unit bus listrik. Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan untuk program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) dari pemerintah.

Direktur Utama PT Transportasi Jakarta, Sardjono Jhony mengatakan ujicoba bus listrik ini akan melayani masyarakat untuk rute Blok M – Balaikota (EV1).

"Ujicoba akan dilakukan selama 3 bulan ke depan tanpa biaya atau gratis.  Saat ini ada pembatasan pelanggan yakni maksimal diisi oleh 25 orang pelanggan termasuk yang berdiri,” ujar Jhony di Jakarta, Jumat (10/9/2021).

Jhony menambahkan, semua armada konvensional Transjakarta secara bertahap akan beralih menggunakan armada listrik.

"Keseriusan Transjakarta ini dibuktikan dengan berbagai layanan uji coba kendaraan listrik yang dimulai sejak tahun lalu. Dan hari ini kita menggandeng teman-teman dari PT Higer Maju Indonesia untuk ikut serta menjadi mitra strategis dalam penyediaan, pengadaan dan operasional bus listrik berbasis baterai tersebut,” katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perkuat Ekosistem Kendaraan Listrik

Jhony berharap ujicoba bus listrik bisa menjadi langkah kecil untuk lompatan besar sektor transportasi massal di masa depan, seperti emisi rendah atau bahkan nol.

"Kita juga berharap ini bisa memperkuat ekosistem kendaraan listrik di negara kita, menginspirasi banyak orang untuk beralih pada kendaraan listrik berbagai jenis dan memotivasi masyarakat untuk semakin mencintai transportasi publik kita,” imbuh Jhony.

Sebagai informasi, bus listrik ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan bus konvensional, seperti tidak menimbulkan polusi, biaya perawatan yang relatif murah, hingga baterai yang tahan lama.

Dengan daya baterai yang bisa diisi ulang maksimum tiga jam, bus listrik Higer mampu melaju hingga sejauh 250 kilometer.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.