Sukses

Moeldoko Sebut Perkembangan Penanganan Korupsi di Indonesia Cukup Bagus

Moeldoko menyatakan, perkembangan penanganan korupsi di Indonesia cukup bagus.

Liputan6.com, Jakarta Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menyatakan, perkembangan penanganan korupsi di Indonesia cukup bagus.

Menurut dia, hal ini berdasarkan Online Single Submission atau OSS menjadi salah satu indikator bahwa Indonesia telah menjalankan open government yang luar biasa.

Moeldoko menuturkan, hal itu dibuktikan saat Indonesia ditunjuk sebanyak dua kali, sebagai dewan pengarah di open government partneship.

"Terakhir saya datang di Georgia tentang open government partneship. Karena apa? karena melihat perkembangan (penanganan) korupsi di Indonesia cukup bagus," klaim dia saat menjawab pertanyaan wartawan soal komitmen Jokowi terkait pemberantasan korupsi, Rabu (18/8/2021).

Selain OSS, sambung Moeldoko, Perpres 54 tahun 2018 juga merupakan ketegasan bagaimana adanya strategi nasional pencegahan korupsi. Bagaimana membangun hubungan antara KPK dengan pemerintah dalam upaya mencegah korupsi.

"Konteks penanganan Covid ini presiden ingin semuanya berjalan dengan cepat tetapi harus titik kritikalnya adalah tingkat kehati hatian di dalam mengelola keuangan harus betul menjadi perhatian," jelas Moeldoko.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sudah Jelas

Moeldoko melanjutkan, Presiden Jokowi juga meminta BPKP, LKPP, KPK Kejaksaan Agung, kepolisian ikut terlibat di seagai salah satu amanat dalam beleid terkait.

"Jadi perlu masyarakat paham bahwa langkah-langkah nyata terhadap pencegahan korupsi dan penindakan korupsi itu sangat sangat jelas dijalankan oleh Presiden," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Korupsi adalah penyalahgunaan uang negara (perusahaan, organisasi, yayasan, dan sebagainya) untuk keuntungan pribadi atau orang lain.

    Korupsi

  • Moeldoko adalah purnawirawan Jenderal TNI yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan Indonesia.
    Moeldoko adalah purnawirawan Jenderal TNI yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan Indonesia.

    Moeldoko

  • KSP