Sukses

Menko PMK Minta Masyarakat Berikan Tabung Oksigen pada Pasien Covid-19 yang Membutuhkan

Muhadjir menjelaskan, dengan gerakan sosial ini diharapkan masalah kekurangan tabung oksigen teratasi. Sebab, tabung oksigen sangat dibutuhkan oleh pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri di rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Di saat tingginya lonjakan kasus Covid-19 tabung oksigen pun kian langka. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengimbau masyarakat untuk saling membantu dengan memberikan tabung oksigen kepada yang membutuhkan.

"Kami mengimbau kepada masyarakat yang sudah belanja oksigen tapi tidak terpakai, supaya dipinjamkan atau dihibahkan," kata Muhadjir, saat kunjungannya ke salah satu pabrik oksigen, PT Samator di Kabupaten Gresik, Jatim, Selasa (13/7/2021).

Muhadjir menjelaskan, dengan gerakan sosial ini diharapkan masalah kekurangan tabung oksigen teratasi. Sebab, tabung oksigen sangat dibutuhkan oleh pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri di rumah.

Muhadjir juga meminta warga yang punya tabung oksigen kosong, untuk segera diserahkan ke distributor.

Selain itu, Muhadjir juga menjamin obat untuk terapi pasien Covid-19 masih tersedia dan terus diproduksi oleh pabrik.

"Penetapan harga akan kami bicarakan ke presiden. Yang jelas, pabrik obat untuk obat-obat antibiotik sangat siap diproduksi," katanya seperti dikutip dari Antara.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Suplai Tersedia

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak mengatakan, kunjungan Menko PMK ke Jawa Timur adalah untuk membantu titik mana yang menjadi risiko penanganan COVID-19.

"Sejauh ini suplai masih bisa memadai satu bulan depan. Artinya, mudah-mudahan situasi (pandemi) ke depan sudah turun," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.