Sukses

Pemerintah Bentuk Satgas Oksigen untuk Pulau Jawa

Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, pemerintah telah membentuk Satgas oksigen untuk seluruh provinsi yang ada di Pulau Jawa.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, pemerintah telah membentuk Satgas oksigen untuk seluruh provinsi yang ada di Pulau Jawa.

Hal tersebut menyusul kelangkaan oksigen tabung yang terjadi di sejumlah wilayah Indonesia selama pandemi Covid-19 beberapa bulan terakhir ini.

"Satgas oksigen akan mendata melalui sistem seluruh kebutuhan oksigen di masing-masing rumah sakit di provinsi yang bersangkutan," tutur Budi dalam konferensi pers virtual, Jumat (9/7/2021).

Budi menyebut, Satgas oksigen akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat. Seluruh kebutuhan rumah sakit di masing-masing provinsi akan didata dan diteruskan kepada produsen oksigen tabung yang ada.

"Bahkan kalau memang memerlukan kita akan melakukan impor oksigen," jelas dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kebutuhan Meningkat

Kebutuhan oksigen di rumah sakit saat ini terus meningkat mulai 800 ton hingga 1000 ton per hari. Sementara sebelum terjadinya lonjakan kasus positif Covid-19 beberapa bulan belakangan ini hanya membutuhkan 400 ton per hari.

Sebab itu, lanjut Budi, Satgas Oksigen akan berupaya memenuhi kebutuhan tersebut dan akan melakukan antisipasi serupa di seluruh rumah sakit yang ada di luar pulau Jawa.

"Kita sekarang sedang mempersiapkan berdasarkan perhitungan kita, kita mungkin memerlukan dengan sangat konservatif sampai 2.400 ton per hari," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.