Sukses

Dirjen Imigrasi: 157 WNA dari China yang Masuk Indonesia Lolos Pemeriksaan Kesehatan

157 warga negara asing dari China tiba di Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta.

Liputan6.com, Jakarta - 157 warga negara asing dari China tiba di Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta. Dirjen Imigrasi Jhoni Ginting menyampaikan, seluruh WNA itu sudah lolos pemeriksaan kesehatan, khususnya terkait Covid-19.

Oleh karena itu, mereka dapat melanjutkan maksud dan tujuannya.

"Sebelum dilakukan pemeriksaan keimigrasian, seluruh penumpang telah mendapatkan rekomendasi atau clearance oleh pihak KKP Kementerian Kesehatan," tutur Jhoni dalam keterangannya soal WNA asal China itu, Jakarta, Sabtu (8/5/2021).

Menurut dia, pihaknya tidak akan memberikan izin masuk ke warga negara asing apabila tidak mengantongi rekomendasi tersebut. Termasuk WNA dari China.

"Petugas Imigrasi tidak akan memberikan izin masuk jika para penumpang tidak lulus pemeriksaan kesehatan sesuai protokol kedatangan orang dari luar negeri yang telah ditentukan oleh Satgas Penanganan Covid-19," jelas Jhoni.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Untuk Bekerja

Terlebih, lanjut Jhoni, kedatangan ratusan WN China itu ke Indonesia bukan dalam rangka wisata atau kunjungan keluarga. Namun seluruhnya terkait dengan pekerjaan.

"Seluruh WNA telah memenuhi aturan keimigrasian dengan jenis visa dan kegiatan yang sesuai dengan Peraturan Menkumham Nomor 26 Tahun 2020 yaitu untuk kegiatan bekerja, bukan untuk kunjungan wisata," Jhoni menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.