Sukses

Dinkes Kota Tangerang Pastikan Vaksinasi Covid-19 Tetap Berjalan Saat Ramadan

Dinas Kesehatan Kota Tangerang tetap melakukan vaksinasi Covid-19 untuk kategori lanjut usia (lansia) selama Ramadan.

Liputan6.com, Tangerang - Dinas Kesehatan Kota Tangerang tetap melakukan vaksinasi Covid-19 untuk kategori lanjut usia (lansia) selama Ramadan. Hal ini dilakukan usai ada fatwa dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

MUI melalui fatwa Nomor 13 tahun 2021 menyatakan, vaksinasi Covid-19 tidak membatalkan puasa dan boleh dilakukan bagi umat Islam yang sedang berpuasa.

"Ada perbedaan jam saja, sebelum Ramadan pelaksanaan vaksinasi dari jam 07.00 hingga 17.00, saat Ramadan nanti hanya sampai jam 11.00 saja," tutur Kepala Dinas Kesehatan Tangerang, Liza Puspadewi, Tangerang, Senin (12/4/2021)

Lalu untuk lokasi vaksinasi, pada Ramadan ini akan disebar agar lebih dekat dan mempermudah warga penerima vaksin Covid-19. Selama ini, vaksinasi Covid-19 dilakukan di Puspemkot Tangerang atau Gedung MUI. Namun, kali ini akan dilakukan di setiap puskesmas yang ada di Kota Tangerang.

"Untuk lokasinya, kami akan lebih dekatkan agar memudahkan para penerima vaksin. Begitu juga soal waktunya, yang tadinya sehari satu Puskesmas bisa 400 sasaran, saat Ramadan menjadi 100 sasaran per hari," jelas Liza.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masih Fokus di Lansia

Menurut Liza, vaksinasi di Kota Tangerang masih difokuskan untuk para lansia. Tepat pada saat Ramadan, Dinkes akan melangsungkan vaksinasi lansia dosis kedua, dengan target sasaran 45 ribu lansia, dari 117.010 lansia di Kota Tangerang.

Vaksinasi kategori lansia saat ini sangat menjadi prioritas di Kota Tangerang. Mengingat, angka kematian Covid-19 berdasarkan data per 4 April 2021, terbanyak 75 persen yaitu pada usia 60-69 tahun.

“Makanya, vaksinasi lansia cukup kami prioritaskan. Jika dalam waktu dekat Pemkot Tangerang dapat jatah vaksin lagi, kembali kami prioritaskan untuk kategori lansia. Terlebih, momen lebaran orangtua menjadi tempat pulang para anak-anaknya. Hal inilah yang kami jaga dan antisipasi,” tutur Liza.

Vaksinasi di Kota Tangerang sudah menyasar 13 ribu tenaga kesehatan, 45 ribu pelayan publik dan proses penyelesaian 45 ribu sasaran lansia. Kasus Covid-19 di Kota Tangerang kian menurun, dengan 20-an kasus per harinya.

“Alhamdulillah sudah menurun, dari 80-an kasus per hari tertinggi, saat ini 20-an kasus per hari. Semoga kian menunjukkan penurunan,” kata Liza.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.