Sukses

Anies Targetkan Pembangunan Pasar Senen Blok VI Kelar 2022

Anies menjelaskan sistem pembangunan car oriented development selama ini hanya mengandalkan kendaraan pribadi sebagai media mobilitas.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menghadiri groundbreaking area blok VI Pasar Senen, Jakarta Pusat. Kata dia, rencana pembangunan sudah diupayakan sebelumnya dan baru terealisasikan. 

"Dengan target penyelesaian pembangunan pada kuartal kedua tahun 2022," kata Anies dalam keterangan tertulis, Rabu (10/3/2021). 

Anies menyatakan pembangunan kawasan Pasar Senen tersebut sangat viral. Sebab berada alam area transit oriented developmen (TOD). 

"Kita di Jakarta sedang menggeser pola pembangunan yang awalnya hanya berbasis car oriented development," ucap dia. 

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menjelaskan sistem pembangunan car oriented development selama ini hanya mengandalkan kendaraan pribadi sebagai media mobilitas.

Sedangan TOD dapat memanfaatkan semua aspek transportasi umum di Ibu Kota. Selain itu, Anies juga menyebut lokasi Pasar Senen blok VI merupakan salah atu tempat yang tercatat dalam sejarah.

"Oleh karena itu, saya berharap lokasi ini kelak menjadi multifungsi serta bisa menjadi salah satu ikon sentra perdagangan di Jakarta," jelas dia. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lokasi Pembangunan Strategis

Direktur Umum Perumda Pasar Jaya, Arief Nasrudin menyatakan lokasi pembangunan Pasar Senen sangat strategis. Sebab dikelilingi sejumlah fasilitas umum. Mulai dari terminal bus, stasiun KRL, hingga halte Transjakarta.

"Jadi, luas lokasi pasar yang akan kita bangun ada sekitar 14.860 meter persegi, sehingga bisa menampung 2.511 unit tempat usaha," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.