Sukses

Dua Putra Mantan Panglima ABRI Try Sutrisno Sudah Berstatus Jenderal

Liputan6.com, Jakarta Putra dari Wakil Presiden ke-6 RI sekaligus Mantan Panglima ABRI Try Sutrisno, Kunto Arief Wibowo menyandang status Jenderal di TNI.

Berdasarkan mutasi jabatan oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kunto Arief mendapatkan promosi jabatan.

Adapun itu tertuang dalam surat Nomor Kep/385/IV/2020 tanggal 9 April 2020 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Yang bersangkutan merupakan Danrem 032/Wirabraja (Padang) Kodam I/Bukit Barisan dan kemudian dipromosikan menjadi Kasdam III/Siliwangi menggantikan Brigjen Dwi Jati Utomo.

Brigjen Kunto merupakan lulusan dari Akademi Militer tahun 1992, dari kecabangan Infanteri. Setelah lulus, ia mulai meniti karier militernya di berbagai satuan Angkatan Darat.

Sebelum diangkat sebagai Jenderal dan menduduki jabatan Kasdam, Kunto pernah menjabat sebagai Danrem 044/Garuda Dempo di Palembang tahun 2016.

Sebelumnya, Kunto yang pada saat itu masih berpangkat sebagai Kolonel juga sempat transit sebagai Komandan Puslatpur (Pusat Latihan Tempur) di Baturaja, Sumatera Selatan.

 

2 dari 3 halaman

Putra Try Sutrisno Lainnya

Selain, Kunto Arief, putra Try Sutrisno lainnya juga telah menyandang Jenderal. Sosok Firman Santyabudi tak memilih karir di TNI melainkan di Polri.

Perwira tinggi Polri kelahiran Jakarta ini kini tengah mengemban tugas sebagai Asisten Logistik Kapolri.

Sebelum menduduki jabatan strategisnya saat ini, Firman diketahui pernah menjabat sebagai Kapolda Jambi pada tahun 2020 silam. Lulusan Akpol 1988 ini diketahui memiliki pengalaman di bidang lantas hingga pernah menjabat sebagai Wadirlantas Polda Metro Jaya, Kasbudit Jianmas Ditlantas Babinkam polri, serta Dirlantas Polda Sumsel.

Awal menjabat sebagai Kapolda Jambi pada 2020 lalu, ada cerita unik dari Firman. Jabatan barunya langsung mendapatkan atensi dan apresiasi dari para bawahan.

Firman bercerita, dia langsung didapuk untuk memimpin apel pagi di Korem 042 Garuda Putih, pada Senin (17/2/2020), meski baru lima hari menjabat Kapolda Jambi.

Sosok Firman juga perhatian kepada masyarakat. Tak melulu bertugas dari bali meja, ia juga berinteraksi langsung di lapangan.

Saat memasuki tanggap Covid-19, lanjut Firman, pihaknya terus memantau masyarakat agar keamanannya terjamin. Termasuk blusukan ke Pasar Angso Duo, Kamis (2/4/2020).

"Saya cek harga pasar, ada kenaikan signifikan atau tidak. Tapi malah ada yang minta foto, saya bilang, saya kan pake masker sebagai protokol covid-19. Eh mereka bilang tak apa-apa, yasudah foto lah. Saya bilang, kalau kalian melihat mata saya saat difoto sipit, berarti saat itu saya tersenyum," candanya.

 

 

Reporter: Mutia Anggraini dan Khulafa Pinta Winastya

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: