Sukses

Hadiri Peluncuran Buku PMII di Era Disrupsi, Ini Tanggapan Imam Besar Masjid Istiqlal

Dia mengatakan mendukung gerakan-gerakan yang dilakukan PMII, khususnya yang tertuang dalam buku ini.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu Calon Ketua Umum Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) periode 2021-2023, Muhammad Syarif Hidayatullah meluncurkan buku yang ditulisnya berjudul PMII di Era Disrupsi di Aula Masjid Istiqlal, Selasa (23/02/2021) pagi.

Dalam kegiatan itu turut hadir Imam Besar Masjid Istiqlal Prof Dr KH Nasaruddin Umar MA sebagai pembicara yang memberikan testimoni terhadap buku tersebut. Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan santunan bagi anak yatim piatu.

Dalam sambutannya, Muhammad Syarif Hidayatullah menyatakan buku yang ditulisnya merupakan kumpulan tulisan selama dirinya berproses di organisasi PMII.

"Buku ini membahas berbagai wacana baik tentang kebangsaan, perpolitikan, maupun soal kemahasiswaan kampus dan gerakan jalanan yang kesemuanya bermuara pada gagasan dan peran aktivis mahasiswa khususnya aktivis PMII dalam menjawab berbagai permasalahan bangsa serta tantangan zaman," ungkapnya.

Buku ini, lanjut Syarif menjadi sumbangan pemikiran untuk siapa saja aktivis mahasiswa, khususnya aktivis PMII.

"Saya berharap semoga bisa memberi manfaat dari generasi ke generasi. Pun jika dianggap tak memiliki manfaat, setidaknya ini menjadi cara saya untuk mengikat ilmu yang saya miliki agar tidak terlepas dan hilang seperti kata Sayyidina Ali bahwa ikatlah ilmu dengan menulis," harapnya.

"Dan, ini menjadi upaya saya agar kelak tidak hilang dari sejarah, seperti kata Pramoedya Ananta Toer, bahwa orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis ia akan hilang di dalam masyarakat dan sejarah," sambung Syarif yang juga merupakan Ketua Bidang OKP PB PMII.

Sementara itu, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar dalam testimoninya memberikan apresiasi kepada penulis buku ini.

"Adinda Muhammad Syarif Hidayatullah ini sudah mulai cerdas menangkap tanda-tanda zaman. Adinda ini ada kemampuan untuk berani berpikir lain, hanya orang yang berani berpikir lain yang bisa eksis di masa depan. Eksis dalam artian mengemuka," ujarnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukung Gerakan PMII

Ia juga mendukung gerakan-gerakan yang dilakukan PMII, khususnya yang tertuang dalam buku ini.

"Siapa pun nanti yang akan memimpin PMII ke depan, saya akan menyarankan jadilah pelanjut generasi PMII yang tulen," pungkasnya.

"Kalian anak-anak saya. Syarif anak saya. Anak intelektual. Anak spiritual. Mari kita membuat sejarah," tutup Nasaruddin Umar yang juga merupakan alumni PMII.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.