Sukses

Curah Hujan Tinggi Buat Kali Meluap, Dua Kampung di Bekasi Terendam Banjir

Banjir tersebut disebabkan curah hujan yang tinggi sehingga menyebabkan air kali di sekitar lokasi meluap.

Liputan6.com, Jakarta - Banjir setinggi satu meter lebih merendam ratusan rumah warga di Desa Karang Sari, Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat pada Minggu dini hari (7/2/2021).

Banjir tersebut disebabkan curah hujan yang tinggi sehingga menyebabkan air kali di sekitar lokasi meluap.

Setidaknya ada dua kampung yang terendam banjir, yakni Kampung Kalenderwak dan Kampung Tobor dengan jumlah kepala keluarga terdampak sebanyak 460 kepala keluarga (KK). Dua kampung tersebut rentan terdampak banjir lantaran letaknya yang berdekatan dengan kali.

"Yang terdampak itu di Kampung Kalenderwak RT 02 RW 02 dan Kampung Tobor RT 02 RW 07. Banjir akibat luapan kali karena intensitas hujan tinggi," ujar Sekretaris Desa Karang Sari Jaya Marjaya, Minggu (7/2/2021).

Ikuti cerita dalam foto ini https://story.merdeka.com/2303605/volume-5

Dia menyebut, sebagian warga yang rumahnya kebanjiran memilih untuk mengungsi ke tempat lebih aman. Sedangkan sebagian lainnya, kata Marjaya, memilih bertahan di kediamannya hingga banjir surut.

Marjaya memaparkan, proses evakuasi dilakukan oleh petugas BPBD Kabupaten Bekasi bersama kepolisian serta pihak kecamatan dengan menggunakan perahu karet dan peralatan seadanya.

"Ketinggian air satu meter lebih. Ada beberapa warga yang kami ungsikan di kantor desa dan beberapa lokasi yang lebih tinggi, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan," kata dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Belum Surut Sepenuhnya

Marjaya mengaku banjir belum sepenuhnya surut hingga saat ini. Warga terdampak dikatakan sangat membutuhkan bantuan logistik, terutama makanan bagi anak-anak dan balita.

"Selain itu juga masker, obat-obatan, makanan dan minuman, termasuk perahu karet untuk mengantisipasi apabila ada warga yang sakit. Karena masih banyak warga yang bertahan dan tidak mengungsi," tandas dia.

3 dari 3 halaman

Petaka Banjir dan Longsor Aceh, Kalsel hingga Sulut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.