Sukses

Fakta Menarik Saat Jokowi Bertemu PM Malaysia di Istana Merdeka

Saat jamuan makan siang, PM Malaysia dijamu dengan menu masakan khas Indonesia oleh Presiden Jokowi, yaitu rendang.

Liputan6.com, Jakarta - Pertemuan bilateral antara Presiden Joko Widodo atau Jokowi dengan Perdana Menteri Malaysia Tan Sri Muhyiddin Yassin, terjadi di Istana Merdeka, Jumat (5/2/2021). 

Kedua pemimpin tersebut bertemu untuk membahas sejumlah isu penting. Mulai dari pekerja migran Indonesia, diskriminasi sawit, hingga menjalin kerja sama terkait bepergian atau Travel Corridor Arrangement (TCA) di masa pandemi Covid-19.

Di balik semua isu penting yang dibahas oleh Jokowi dan Muhyiddin, ada sederet fakta menarik yang terungkap saat kedua kepala negara bertemu di Istana Merdeka Jumat pagi.

Saat jamuan makan siang, PM Malaysia dijamu dengan menu masakan khas Indonesia, yakni rendang. Hal ini diungkap oleh Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

"Tentunya harus dinikmati tamu negara. Hal ini bisa mendapatkan sesuatu yang tidak terlupakan dan menu-menu lainnya bernuasa hangat," kata Heru.

Tak hanya itu saja, pertemuan Presiden Jokowi dan PM Malaysia Tan Sri Muhyiddin juga menerapkan protokol kesehatan ketat. Saat makan siang, keduanya melakukan self service. 

Berikut sederet fakta menarik lainnya di balik pertemuan Jokowi dan PM Malaysia di Istana Merdeka yang dihimpun Liputan6.com: 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

PM Malaysia Disambut Pasukan Berkuda

Pasukan berkuda menyambut PM Malaysia berserta rombongan di Istana Merdeka, pukul 10.40 WIB. Ini merupakan kunjungan kenegaraan Tan Sri Muhyiddin ke Indonesia untuk pertama kalinya.

Lagu Maju Tak Gentar dari korps musik Paspampres turut mengiringi rombongan Perdana Menteri (PM) Malaysia saat memasuki Istana. 

Presiden Joko Widodo menyambut langsung PM Tan Sri Muhyiddin Yassin di pintu Istana Merdeka. Keduanya mengenakan setelan jas dan dasi berwarna kontras.

Turun dari mobil, PM Tan Sri langsung diajak Presiden Joko Widodo ke lapangan Istana Merdeka untuk upacara penyambutan. Lagu kebangsaan kedua negara dilantunkan bergantian. Didahului oleh lagu kebangsaan Malaysia dan diikuti Indonesia Raya.

3 dari 4 halaman

Rendang, Menu Jamuan Makan Siang

Usai membahas sejumlah isu kawasan dan global, Presiden Jokowi santap siang dan salat Jumat bersama dengan Perdana Menteri Malaysia Tan Sri Muhyiddin Yassin.

Pada santap siang, PM Malaysia akan dijamu dengan makanan khas Indonesia. Salah satunya rendang.

"Tentunya menu request dari beliau-beliau adalah rendang khas Indonesia," ungkap Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dalam siaran telekonference soal pertemuan Jokowi dan PM Malaysia di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Jumat (5/2/2021).

Heru berharap, dengan santapan khas Indonesia, PM Malaysia Tan Sri Muhyiddin Yassin akan mendapatkan hal berkesan selama di Indonesia.

4 dari 4 halaman

Tidak Ada yang Melayani Jokowi dan PM Malaysia

Selain itu, saat jamuan makan siang, tidak ada yang melayani Jokowi maupun PM Malaysia, mengingat masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

Sebelumnya, Heru menjelaskan kedua kepala negara akan self service. Peralatan makan pun disterilisasi.

Menurut Heru, persiapan kedatangan PM Malaysia sudah dilakukan sejak Januari 2021. Hal tersebut juga kerja sama dengan Kementerian Luar Negeri agar kunjungan pertama kali ini bisa berkesan dan berjalan lancar.

"Persiapan masih pandemi, ini adalah kunjungan yang pertama, kami harus mempersipkan dengan baik, dan pengetatan protokol kesehatan," jelas Heru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.