Sukses

Jokowi Sebut Indonesia-Malaysia Sepakat Rampungkan Aturan Berpergian Saat Pandemi

Jokowi menuturkan, TCA yang disepakati dengan Malaysia, secara prinsip juga harus disepakati dengan negara ASEAN lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi, menyambut baik kesepakatan yang tercipta antara Indonesia dengan Malaysia, terkait aturan berpergian atau Travel Corridor Arrangement (TCA). TCA di masa pandemi Covid-19 menjadi penting untuk memberi aturan perjalanan warga antarkedua negara.

Hal itu disampaikan Jokowi usai melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Malaysia, Tan Sri Muhyiddin di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (5/2/2021).

"Saya juga menyambut baik kesepakatan secara prinsip dibentuknya Travel Corridor Arrangement (TCA) kedua negara dan mengenai waktu pemberlakuan TCA Akan dikomunikasikan Kemudian," kata Jokowi. 

Jokowi menuturkan, TCA yang disepakati dengan Malaysia, secara prinsip juga harus disepakati dengan negara ASEAN lainnya. Caranya, adalah dengan merampungkan ASEAN Travel Corridor Framework yang bertujuan menjaga soliditas antarnegara-negara di Asia Tenggara.

"Pentingnya ASEAN segera menyelesaikan ASEAN Travel Corridor Framework di masa sulit seperti ini menjadi kepentingan ASEAN untuk terus menunjukkan soliditas," jelas Jokowi.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

SOP TCA Segera Rampung

PM Muhyiddin Yassin menambahkan, bahwa Standard Operating Procedure (SOP) terkait TCA akan juga rampung dalam waktu dekat. Dia akan melihat faktor penting dalam SOP tersebut yang mengedepankan faktor kesehatan.

"Kedua-dua negara akan mencapai kata sepakat mengenai SOP ini dalam waktu terdekat, yang penting ialah kesihatan. Kedua-dua negara perlu meneliti dan menilai situasi semasa Covid-19 sebelumnya dapat dilaksanakan," kata Muhyiddin Yassin memungkasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.