Sukses

Belajar dari Rumah Eps 18: Dampak Kendaraan Bermotor, Wawancara dan Bikin Komik Transportasi

Teman-teman kelas 4 dan 5 SD diajak untuk lebih jauh mengetahui dampak positif dan negatif dari kendaraan bermotor serta berbagai alat transportasi lain baik bagi masyarakat maupun lingkungan.

Liputan6.com, Jakarta Hampir semua hal yang ada di dunia ini memiliki dampak positif dan negatif, begitu halnya dengan keberadaan kendaraan bermotor yang digunakan oleh masyarakat untuk beraktivitas.

Belajar dari Rumah Episode 18 kali ini, teman-teman kelas 4 dan 5 SD diajak untuk lebih jauh mengetahui dampak positif dan negatif dari kendaraan bermotor serta berbagai alat transportasi lain baik bagi masyarakat maupun lingkungan. Tak hanya itu,  segmen lain juga mengajak teman-teman untuk terus berkarya, mengutarakan pendapat, belajar tata bahasa dan wawancara serta belajar matematika.

Mengawal pembelajaran, teman-teman kelas 4 SD mendapatkan pertanyaan seputar kondisi daerah tempat tinggal dan alat transportasi apa saja yang paling banyak ditemukan.

Dijelaskan bahwa 70% penyebab utama pencemaran udara itu berasal dari gas pembuangan kendaraan bermotor. Kendaraan bermotor mengeluarkan banyak zat yang berbahaya dan bisa merusak lingkungan dan kesehatan manusia.

Pada segmen selanjutnya, teman-teman diajak untuk membuat himbauan seputar isu polusi udara, belajar tentang tata bahasa akhiran -kan dan -nya dan menghitung kotak dalam sebuah bangun. Terakhir, belajar menjadi wartawan cilik dengan wawancara keluarga seputar aktivitas menggunakan transportasi dan membuat diagram batang.

Polusi udara tidak boleh dianggap remeh karena dapat menimbulkan banyak penyakit. Yuk teman-teman kelas 4 SD ketahui lebih banyak cara mengantisipasi efek polusi udara, dampak positif dan negatif dari kendaraan bermotor melalui video di bawah ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dampak Transportasi pada Lingkungan

Bagi teman-teman kelas 5 SD secara khusus akan mengenal lebih dalam dampak transportasi bagi lingkungan. Mengawali pembelajaran, teman-teman mendapatkan cerita soal "Truk Merah" dan pertanyaan-pertanyaan seputar cerita tersebut.

Selanjutnya, teman-teman diajak untuk membuat pesan atau surat yang berisi imbauan kepada pemilik kendaraan yang mengeluarkan banyak asap hitam.

Segmen berikutnya belajar tata bahasa. Jika teman-teman kelas 4 SD belajar tentang penggunaan akhiran -kan dan -nya, kali ini kelas 5 SD belajar tentang akhiran -an. Lalu, untuk pelajaran matematika, teman-teman diminta untuk menghitung jumlah kendaraan yang ada di layar, menghitung jarak putaran roda, mengukur jarak tempuh.

Pada segmen selanjutnya, teman-teman diajak untuk bereksplorasi sekaligus belajar berhitung. Yakni, membuat miniatur roda dan diagram batangnya berisi panjang jari-jari, keliling, dan jarak tempuh roda. Terakhir, teman-teman kelas 5 SD diajak untuk membuat komik mengenai alat transportasi yang ada di daerah lain.

 Terus semangat belajar dari rumah dan jaga kesehatan ya teman-teman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini