Sukses

Jokowi: Jalan Tol Kayu Agung-Palembang untuk Buka Lapangan Pekerjaan di Daerah

Jokowi meminta para kepala daerah agar menyambungkan jalan Tol Kayu Agung-Palembang ke sentra ekonomi, pariwisata, industri, hingga pertanian.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan keberadaan jalan Tol Kayu Agung-Palembang untuk membuka lapangan pekerjaan, khususnya di daerah. Dia menilai, jalan tol sepanjang 42,5 kilometer ini akan membuka peluang-peluang yang menguntungkan.

"Ini adalah untuk pemerataan pembangunan dan pembukaan lapangan pekerjaan di daerah yang sebanyak-banyaknya sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujar Jokowi saat meresmikan Jalan Tol Kayu Agung-Palembang di Gerbang Tol Kramasan, Sumatera Selatan, Selasa (26/1/2021).

Dia mengatakan, jalan tol tersebut tak hanya menghubungkan antarwilayah dan daerah, namun juga untuk membangkitkan perekonomian masyarakat di Provinsi Sumatera Selatan.

Untuk itu, Jokowi meminta kepada kepala daerah agar menyambungkan jalan Tol Kayu Agung-Palembang ke sentra ekonomi, pariwisata, industri, hingga pertanian.

"Sambungkan, berikan akses penghubung ke sana. Manfaat ekonominya akan bisa maksimal. Ini adalah tugas pemerintah provinsi, tugas pemda," katanya.

Menurut dia, keberadaan jalan tol ini akan membuka banyak peluang yang menguntungkan. Pasalnya, lokasi jalan Tol Kayu Agung-Palembang dekat dengan Pulau Jawa, memiliki lahan yang sangat luas dengan harga yang kompetitif, serta tenaga kerja yang tersedia juga sangat besar.

"Sehingga aktivitas bisnis bisa dilakukan dengan biaya yang bersaing dengan provinsi yang lain, bersaing dengan negara yang lain," tutur Jokowi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menarik Investor

Dia pun meminta pemerintah daerah, provinsi, kabupaten/kota untuk lebih agresif menawarkan potensi-potensi yang ada di daerah masing-masing dan menjadikan jalan tol ini sebagai keunggulan.

Jokowi berharap jalan Tol Kayu Agung-Palembang dapat menarik para investor.

"Mningkatkan daya tarik dan daya tawar pada para investor agar mengembangkan investasi di di provinsi Sumatera Selatan," ucap Jokowi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.