Sukses

Jokowi: Jalan Tol Kayu Agung-Palembang Sudah Bisa Digunakan Hari Ini

Presiden Jokowi meresmikan jalan Tol Kayu Agung-Palembang sepanjang 42,5 km.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan ruas Jalan Tol Kayu Agung-Palembang, Selasa (26/1/2021). Jokowi menyampaikan jalan tol sepanjang 42,5 kilometer ini sudah bisa digunakan mulai hari ini.

"Alhamdulillah, jalan Tol Kayu Agung-Palembang sepanjang 42,5 km sudah selesai, sudah rampung, dan siap untuk digunakan pada hari ini," ujar Jokowi saat peresmian seperti yang ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (26/1/2021).

Menurut dia, jalan Tol Kayu Agung-Palembang merupakan poros terpenting dari jalan tol Trans Sumatera. Pasalnya, jalan tol ini menghubungkan Pelabuhan Bakauheni Lampung dan Kota Palembang.

Bukan hanya itu, Jokowi menyampaikan jalan tersebut memangkas waktu perjalanan dari Bakauheni ke Palembang yang biasanya ditempuh 12 jam menjadi 3 jam. Dia meyakini hal tersebut akan meningkatkan daya saing masyarakat.

"Efisiensi ini jelas akan memberikan kontribusi pada penurunan biaya logistik dan akan memberikan competitiveness daya saing yang besar bagi Palembang, bagi Lampung," jelasnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tol Kayu Agung-Palembang

Sebelumnya, PT Waskita Karya telah menyelesaikan konstruksi Jalan Tol Kayuagung - Palembang - Betung, ruas Kayuagung - Palembang sepanjang 42,5 KM. Pelaksanaan konstruksi jalan tol akan dilanjutkan untuk ruas Palembang - Betung dengan total panjang konstruksi 69,46 KM.

President Director PT Waskita Karya (Persero) Tbk Destiawan Soewardjono mengatakan bahwa sejak awal bulan April 2020, Waskita telah mengoperasikan seksi 1 dari 3 seksi ruas tol ini.

"Yaitu seksi Kayu Agung - Palembang (sampai dengan Jakabaring) dengan Panjang 33,5 km dengan gratis dan merupakan kontribusi Waskita untuk masyarakat Sumsel khususnya dan kami akan menyelesaikan dalam waktu dekat sepanjang 9 km, sehingga terkoneksi dari Kayu Agung sampai Jalan lintas timur. Sehingga panjang total yg akan beroperasi adalah 42.5 km," kata Destiawan Soewardjono kepda wartawan, Jumat (16/10/2020).

Sementara itu menurut Director of Operation II PT Waskita Karya (Persero) Tbk Bambang Rianto, proyek Tol KAPB ruas Palembang - Betung ini ditargetkan beroperasi pada tahun 2023 dan diharapkan dengan adanya pembangunan proyek ini dapat mengurangi kemacetan lalu lintas pada jalur lintas timur arah Palembang - Jambi.

"Jalan tol ini dapat memangkas waktu distribusi barang maupun mobilitas kendaraan, bila melewati jalan biasa membutuhkan waktu tempuh 2 sampai 3 jam dengan adanya tol ini menjadi 20 menit saja. Selain itu dengan adanya pembangunan tol ini dapat mendukung pertumbuhan ekonomi diwilayah sekitar tol," ucap Bambang Rianto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.