Sukses

Banjir Rendam 7.418 Rumah di Kabupaten Bandung

Enjang Wahyudin menyatakan, seluruh tiga kecamatan yang masih terendam banjir itu adalah Kecamatan Dayeuhkolot, Baleendah dan Bojongsoang.

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 7.418 rumah di tiga kecamatan Kabupaten Bandung, Jawa Barat, terendam rumah akibat banjir yang melanda sejak Kamis siang kemarin. Data itu berdasarkan informasi per pukul 09.00 WIB yang dilansir oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung.

Menurut Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bandung Enjang Wahyudin, seluruh tiga kecamatan yang masih terendam banjir itu adalah Kecamatan Dayeuhkolot, Baleendah dan Bojongsoang. 

“Di Dayeuhkolot 2.122 rumah tinggal, tiga sekolah dan tujuh tempat ibadah. Kecamatan Baleendah 5.242 rumah tinggal, delapan sekolah dan 35 tempat ibadah. Untuk Kecamatan Bojongsoang, pendataan bangunan yang terendam masih terus dilakukan,” ujar Enjang kepada Liputan6.com, Bandung, Jumat, (25/12/2020).

Enjang mengatakan, jumlah pengungsi di Desa Dayeuhkolot, Desa Citeureup, Kelurahan Pasawahan, Kecamatan Dayeuhkolot mencapai 16 kepala keluarga dengan jumlah jiwa 41 orang. Sedangkan yang terdampak secara keseluruhan mencapai 4.813 kepala keluarga dengan jumlah jiwa 15.839 orang.

Sementara di Kelurahan Andir dan Kelurahan Baleendah, Kecamatan Baleendah sebanyak sembilan kepala keluarga dengan jumlah 37 jiwa menjadi pengungsi banjir. Untuk jumlah total yang terdampak banjir sebanyak 6.396 kepala keluarga dengan jumlah jiwa 23.176 orang.

“Di Desa Bojongsoang dan Desa Bojongsari serta Desa Tegaluar, Kecamatan Bojongsoang masih dalam pendataan soal jumlah pengungsi serta penduduk yang terdampak,” ucap Enjang.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hingga 1 Meter

Ketinggian rendaman air di Kecamatan Dayeuhkolot mencapai 10 - 100 Centimeter. Kecamatan Baleendah ketinggian air di kisaran 10 - 120 Centimeter. Ketinggian air di Kecamatan Bojongsoang dikisaran 10 - 100 Centimeter. 

Kejadian bencana alam banjir kembali menerjang Kabupaten Bandung, Jawa Barat usai hujan deras yang turun kemarin lewat tengah hari kemarin. Tak hanya di Kabupaten Bandung, hal serupa juga terjadi di Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.