Sukses

Ringankan Beban Korban Erupsi Merapi, Korlantas Polri Beri Bantuan 3.150 Paket Sembako

Selain memberikan bantuan, Dirlantas Polda Jateng bersama Polwan-Polwan Korlantas Polri yang diwakili AKP Eny memberikan trauma healing kepada anak-anak di posko pengungsian Gunung Merapi.

Liputan6.com, Jakarta Gunung Merapi hingga kini masih berstatus siaga. Kondisi ini membuat warga yang tinggal dalam radius tiga hingga lima kilometer dari puncak Merapi harus tinggal di posko pengungsian. Kondisi ini membuat Korlantas Polri peduli dengan membagikan ribuan paket sembako untuk meringankan beban para pengungsi.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono yang diwakili oleh Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jawa Tengah (Jateng) Kombes Pol Rudy Safirudin memimpin langsung pemberian bantuan ini di posko pengungsian korban erupsi gunung Merapi di Dusun 2, Klakah, Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (18/12/2020).

Total sebanyak 3.150 paket sembako diberikan untuk para pengungsi di 8 desa yang terdampak erupsi gunung merapi. Acara ini mendapat dukungan dari BNI. 

Selain memberikan bantuan, Dirlantas Polda Jateng bersama Polwan-Polwan Korlantas Polri yang diwakili AKP Eny memberikan trauma healing kepada anak-anak di posko pengungsian dengan cara yang humanis.

"Kalau anak-anak mau permen, Snack, buku cerita, bilang sama ibu Polwan ya, nanti kita kirim. Semoga sehat semua ya," ucap Dirlantas kepada anak-anak.

Dirlantas mengatakan bahwa kegiatan bantuan ini diprakarsai rasa empati Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono dengan harapan dapat meringankan sedikit beban masyarakat di sekitar kawasan gunung Merapi yang tengah mengungsi akibat adanya erupsi.

Sebab, kehidupan sehari-harinya kini bergantung hidup lewat dapur umum di posko pengungsian, karena rumah mereka dalam kondisi tidak aman dari adanya erupsi gunung Merapi.

"Semoga dengan rasa empati kita, para pengungsi bisa terbantu. Dan semoga amal ibadah kita selalu diberikan barokah, berkah oleh Gusti Allah dalam kegiatan ini," ucap Dirlantas.

Sementara itu, Polwan-Polwan Korlantas Polri yang dipimpin AKP Eny bersama Briptu Denada juga turut membantu memasak makanan di dapur pengungsi. Tak lupa, Powan-Polwan ini juga menyosialisasikan 3M (Memakai masker, Menjaga jarak, dan Mencuci tangan).

"Selain membantu di dapur umum kami juga mensosialisasikan protokol kesehatan kepada adik-adik kita agar mengenal. Selain itu juga kami melakukan trauma healing dan berbagi masker untuk mencegah penyebaran virus corona ini," kata AKP Eny.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rincan Bantuan yang Diberikan

Total sebanyak 3.150 paket sembako berisi beras, gula, susu, teh, minyak dll, dibagikan untuk 8 desa yang Terdampak erupsi gunung Merapi di Jateng, diantaranya;

1. Kabupaten Boyolali, 3 Dapur Umum:

- Desa Jrakah: 375 paket

- Desa Klakah: 400 paket

- Desa Telogo Lele: 375 paket

 

2. Kabupaten Klaten, 2 Dapur Umum:

- Desa Balerante: 500 paket

- Desa Tegal Mulyo: 500 paket

 

3. Kabupaten Magelang, 3 Dapur Umum:

- Desa Taman Agung: 250 paket

- Desa Deyangan: 250 paket

- Desa Mertoyudhan: 500 paket

Acara pembagian sembako turut hadir Kapolres Boyolali AKBP Rachmad Nur Hidayat, Polwan Korlantas Polri AKP Eny. Kepala Kantor Cabang Bank BNI Boyolali Jaja Nursubagja, Kepala BPBD Boyolali Bambang, dan para instansi terkait.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.