Sukses

Usai Pencoblosan Pilkada, Calon Bupati Sumba Timur Positif Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menyebutkan calon Bupati Sumba Timur, Umbu Lili Pekuwali terkonfirmasi positif Covid-19 usai memberikan hak suara pada pilkada 2020, Rabu (9/12/2020) lalu.

"Benar, sesuai hasil pemeriksaan swab Beliau terkonfirmasi positif Covid-19," kata Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kabupaten Sumba Timur, dr.Chrisnawan Try Haryantana ketika dihubungi, Sabtu (12/12/2020).

Umbu Lili Pekuwali diketahui terpapar Covid-19 melalui tes cepat molikuler (TCM) di Rumah Sakit Rara Meha Waingapu.

Ia mengatakan, usai melakukan pencoblosan pada Rabu (9/12/2020) Umbu Lili Pekuwali mengalami panas tinggi dan batuk-batuk keras.

"Pada malam itu langsung di-swab dan ketika hasilnya positif Covid-19 langsung diisolasi di rumah sakit bersama istrinya untuk mengantisipasi ikut terpapar Covid-19," tegasnya seperti dikutip Antara.

Chrisnawan Try Haryantana mengatakan, selain itu salah seorang tim sukses dari Umbu Lili Pekuwali juga dilaporkan terkonfirmasi positif Covid-19.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Imbau Karantina Mandiri

Ia berharap masyarakat yang pernah melakukan kontak erat dengan kedua pasien selama perhelatan pilkada berlangsung untuk melakukan karantina mandiri.

"Kami pasti tetap melakukan penelusuran kontak erat dengan dua pasien ini, kami juga berharap warga yang pernah kontak erat agar karantina mandiri dengan tetap menerapkan protokol kesehatan selama melakukan karantina di rumah," kata Chrisnawan.

Ia juga berharap masyarakat yang pernah kontak erat untuk selalu menjaga pola makan, berolah raga secukupnya agar sistem imun tetap terjaga dengan baik.