Sukses

Ratusan Guru di Tangerang Ciptakan Quiz Tayo Usir Jenuh Belajar Online

Usir kejenuhan siswa belajar jarak jauh, ratusan guru di Kota Tangerang membuat kuis berbasis games menarik yang bisa diakses ribuan siswa kapan pun dan dimanapun.

Liputan6.com, Jakarta - Usir kejenuhan siswa belajar jarak jauh, ratusan guru di Kota Tangerang membuat kuis berbasis games menarik yang bisa diakses ribuan siswa kapan pun dan dimanapun.

Saat baru diluncurkan dan dicoba langsung oleh Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, Quiz Tayo tersebut berisikan pengetahuan umum tentang Kota Tangerang serta mata pelajaran Kurikulum 2013.

Misalnya, sejarah dan kebudayaan Kota Tangerang, Matematika, Bahasa Indonesia ataupun lainnya. Kemudian, bisa melibatkan ribuan pelajar untuk sekali permainan, score yang tertinggi dialah pemenangnya.

"Kita sama-sama tahu, pelajar ini sepertinya sudah jenuh melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ), jadi ini salah satu solusi untuk mengusir kejenuhan namun tetap berisi ilmu pengetahuan atau pembelajaran," ujar Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Jamaludin, Senin (26/10/2020).

Untuk membuat game ini, Dindik melibatkan sekitar 250 guru di Kota Tangerang dari tingkat SD dan SMP.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Refreshing

"Soal kuis yang ada itu 1.000 sampai 1.500 soal untuk siswa SD sampai SMP, jadi nanti guru akan mengintruksikan siswa membuka web Tangerang Belajar atau buka aplikasi Tangerang Live, cari Tangerang Belajar, nanti ada Quis Tayo di sana," jelas Jalamuddin.

Dengan diciptakannya games tersebut, diharapkan siswa bisa merefreshing rasa kebosanan terhadap pembelajaran jarak jauh akibat pandemi Covid-19 ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.