Sukses

Ini Kunci Angka Kesembuhan Pasien Covid-19 di Kabupaten Bogor Meningkat

Liputan6.com, Bogor - Pada bulan Juli hingga September lalu terjadi lonjakan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Bogor, sehingga menimbulkan kekhawatiran akan ketersediaan tempat tidur di sejumlah rumah sakit rujukan.

Sekarang, bad occupancy rate sudah membaik. Hal tersebut lantaran angka kesembuhan atau recovery rate Covid-19 di Kabupaten Bogor meningkat selama sepekan terakhir.

Bahkan, di wilayah penyangga ibu kota itu kini sudah ada lagi zona hijau yakni Kecamatan Sukajaya dan Tanjungsari. Trend perbaikan ini tidak lepas dari adanya kesungguhan dari semua pihak, termasuk pasien itu sendiri.

"Kepatuhan dan mampu meningkatkan kekebalan tubuhnya dengan makanan bergizi dan vitamin kunci utama angka kesembuhan naik dalam sepekan terakhir ini," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Mike Kaltarina, Rabu (21/10/2020).

Perubahan perilaku masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan terkait pemakaian masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mencuci tangan pakai sabun turut memengaruhi meningkatnya angka kesembuhan pasien covid-19.

"Sekarang tingkat kesadaran dan kepedulian masyarakat juga sudah cukup baik, salah satunya banyak yang melakukan deteksi dini secara mandiri," ujarnya.

Kendati demikian, hal tersebut tak lantas membuat dirinya merasa puas. Pihaknya akan terus meningkatkan angka kesembuhan di daerahnya sembari menekan angka penularan dan kematian.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

Terus Terapkan Prokes

Monitoring terhadap protokol kesehatan yang dilakukan oleh masyarakat betul-betul harus dijaga, jangan sampai longgar atau kendor. Hal ini dalam rangka mengupayakan agar kasus positif Covid-19 dapat terus ditekan.

Selain monitoring, sinergitas antara masyarakat di dalam menjalankan protokol kesehatan juga merupakan hal yang penting. Hal itu tidak lepas karena perang melawan Covid-19 ini merupakan tugas bersama baik pemerintah daerah maupun masyarakat.

Pada hari ini jumlah pasien sembuh meningkat signifikan yakni sebanyak 37 pasien, sehingga totalnya mencapai 1.862 orang. Jumlah itu lebih tinggi dari penambahan kasus positif yang dilaporkan pada hari ini yaitu 10 kasus baru.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: