Sukses

Kemendikbud Ajak Anak SMP Bijak Bermedia Sosial

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Mulyatsyah mengajak siswa pada jenjang SMP mampu berkomunikasi efektif dan bertanggung jawab.

Cara itu bisa dilakukan dengan menerapkan komunikasi melalui prinsip 3M yaitu mendengar, menganalisis, dan menyampaikan secara efektif.

“Saat kita berkomunikasi (penting untuk memahami) bagaimana kita bisa mendengar, mengamati (menganalisis) dan menyampaikan pesan dengan bijak," kata Mulyatsyah dalam acara Komunikasi dan Digitalisasi secara daring, Jumat (14/8/2020).

"Jangan sampai pesan yang kita sampaikan menjadi tidak bernilai karena penyampaiannya yang tidak efektif,” imbuhnya.

Mulyatsyah mengajak siswa-siswi SMP untuk dapat berkomunikasi dan memanfaatkan media digital dengan bijak. Menurutnya, banyak informasi yang harus dicermati terlebih dulu sebelum disebarluaskan.

Ia melihat, banyak orang yang asal posting di media sosial, sementara informasi tersebut tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

 

2 dari 3 halaman

Komunikator yang Efektif

Mulyatsyah berharap, anak-anak yang menyaksikan acara Komunikasi dan Digitalisasi bagi siswa-siswa SMP itu dapat berkomunikasi secara efektif, bermanfaat, dan bermartabat.

“Mari kita gunakan kesempatan ini untuk belajar agar mampu menjadi komunikator yang efektif,” pesan kepada para peserta kegiatan yang berasal dari Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Banten, dan Sumatera Selatan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: