Sukses

Kantor Komnas HAM Ditutup Sementara Setelah Pegawainya Positif Covid-19

Komnas HAM tetap membuka layanan pengaduan secara online atau daring.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menutup sementara kantornya dan meniadakan penerimaan laporan secara langsung selama sepekan. Kebijakan itu diambil setelah seorang pegawai Komnas HAM dinyatakan positif terjangkit virus corona Covid-19.

"Tutup sampai tanggal 4 Agustus, tanggal 5 Agustus mulai lagi. Namun, bisa dievaluasi nanti," ujar Komisioner Komnas HAM Choirul Anam seperti dikutip dari Antara, Rabu 29 Juli 2020.

Untuk mencegah penyebaran Covid-19, Kantor Komnas HAM yang terletak Jalan Latuharhari Nomor 4B Jakarta Pusat  itu juga akan disemprot cairan disinfektan.

Seluruh penghuni Kantor Komnas HAM pun diwajibkan melakukan tes cepat atau rapid test. Sementara pegawai dan komisioner yang pernah kontak dengan karyawan yang dinyatakan positif Covid-19 dites swab atau PCR.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Layanan Pengaduan Online

Kendati begitu, Komnas HAM tetap membuka layanan pengaduan secara online atau dalam jaringan (daring). Pelapor dapat mengakses laman resmi Komnas HAM untuk mengisi formulir pengaduan.

Pengaduan harus memuat di antaranya nama lengkap pengadu, alamat rumah, nomor telepon tempat kerja atau rumah, rincian pengaduan soal apa yang terjadi, di mana, kapan, siapa yang terlibat dan nama-nama saksi serta dokumen pendukung dan bukti-bukti lain yang menguatkan pengaduan.

Selain itu, aduan yang sebelumnya telah disampaikan kepada lembaga lain, perlu disampaikan upaya hukum yang sudah dilakukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.