Sukses

Warga yang Berolahraga di Jalan Inspeksi BKT Diwajibkan Kenakan Masker

Warga yang berolahraga di sana terlihat mengenakan masker dan kebanyakan dari mereka yang di BKT berolahraga dengan sepeda.

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyebar 32 titik Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) sebagai pengganti kegiatan yang sama di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin. Namun, tidak semua warga mengetahui titik-titik lokasi pengganti HBKB Sudirman-Thamrin.

Misalnya saja, Yulia dan teman-temannya yang baru mengetahui Jalan Raden Inten, dan Jalan Inspeksi BKT dijadikan jalur HBKB untuk wilayah Jakarta Timur. Sejatinya, ada lima titik HBKB di Jakarta Timur, yaitu Jalan Pemuda, Jalan RA Fadhilah, Jalan Inspeksi BKT, Jalan Raden Inten, dan Jalan Bina Marga.

Yuli yang tinggal tak jauh dari jalan Raden Inten mengaku bersepeda bersama teman-temannya sejak pukul 07.00 WIB. Tujuan bersepeda ke BKT, selain karena jaraknya yang tak jauh dari rumah, lokasi tersebut memang kerap dijadikan arena untuk berolahraga.

"Karena dekat dari rumah saja. Tapi baru tahu (dijadikan lokasi HBKB)," kata Yuli, Minggu (28/6/2020).

Sepanjang aliran BKT, kata Yuli, tidak ada pedagang. Pun warga yang berolahraga di sana terlihat mengenakan masker dan kebanyakan dari mereka yang di BKT berolahraga dengan sepeda.

Petugas Dinas Perhubungan dan Satpol PP terlihat bersiaga memantau protokol kesehatan.

Teman Yuli bernama Ardian bahkan sempat dilarang memasuki Jalan Inspeksi BKT karena tidak mengenakan masker.

"Pakai maskernya, kalau enggak bawa dilarang masuk ke sini," cerita Yuli.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Boleh Nongkrong

Beruntungnya, imbuh Yuli, ada penjual masker yang tak jauh dari jalan masuk Inspeksi BKT.

"Akhirnya dia beli, baru masuk ke BKT. Banyak orang juga di sana, ramai, tapi sepenglihatan saya enggak ada yang nongkrong sih," imbuhnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengimbau agar masyarakat tidak berkerumun di 32 lokasi pengganti hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) Jalan Sudirman-Thamrin.

"Kami berharap bahwa seluruh warga yang berada di kawasan khusus pesepeda tidak melaksanakan upaya kerumunan atau nongkrong maupun kongkow-kongkow. Silakan Anda berolahraga dan terus bergerak," kata Syafrin saat konferensi pers di Balaikota, Jakarta Pusat, Jumat (26/6/2020).

 

Reporter: Yunita Amalia/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.