Sukses

Pesan Anies ke ASN: Jangan Lembek Hadapi Cobaan Pandemi Covid-19 Ini

Anies Baswedan menegaskan, ASN harus memiliki sikap yang kuat. Tidak mudah mengeluh dalam menghadapi situasi saat ini.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengingatkan kepada para ASN agar tetap bertugas melindungi masyarakat. Dia menegaskan, dalam kondisi apapun, sikap pemprov DKI menomorsatukan rakyat ketimbang diri sendiri, apalagi dalam kondisi penuh cobaan seperti sekarang ini.

"Saya perintahkan kepada semua ASN di Pemprov DKI Jakarta untuk bersikap sebagai penyelenggara negara yang ksatria, yang tangguh, yang tabah, yang tak lunglai menghadapi cobaan. Kita berada di garis terdepan. Kita harus beri contoh sikap tangguh," kata Anies dalam keterangannya, Jumat (29/5/2020).

Dia menegaskan, ASN harus memiliki sikap yang kuat. Tidak mudah mengeluh dalam menghadapi situasi saat ini.

"Perhatikan ini semua! Jangan ada yang lemah, lembek, mudah mengeluh menghadapi situasi seperti ini! Kita memang kena dampak, tapi lihatlah rakyat Jakarta! Lihat rakyat Indonesia! Lihat rakyat di berbagai belahan dunia!" ujar Anies.

Di kota DKI ini, lanjut dia, ratusan saudara sebangsa kehilangan nyawanya akibat COVID-19. Ratusan kolega, para tenaga medis terpapar COVID-19 dan sebagian meninggal. Ribuan dimakamkan dengan prosedur COVID-19. Ribuan keluarga di Jakarta ini kehilangan kerabatnya dan mereka tidak bisa mengantarkan ke pemakaman orang-orang tercinta itu. Ribuan orang kehilangan pendapatan secara total, ada yang kehilangan pekerjaan, dan tidak sedikit yang usahanya berhenti sama sekali.

"Jadi bukan hanya kita di Pemprov DKI Jakarta yang terdampak, semua terdampak! Tapi harus kita ingat bahwa semua yang terdampak itu, mereka bukanlah penyelanggara negara. Berbeda dengan kita!" ucap Anies.

"Kita di jajaran Pemprov DKI Jakarta, saya, pak Wagub, dan saudara-saudara semua adalah penyelenggara negara. Tunjukkan bahwa pikiran, ucapan, tindakan kita jauh lebih besar dari sekadar urusan gaji, tunjangan, atau urusan fasilitas lain. Kita harus ingat, di sisi depan baju seragam kita di sini ada simbol abdi negara. Ini bukan sekadar ornamen seragam. Ini, simbol ini adalah wujud sikap kita," jelas Anies Baswedan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

ASN Harus Tangguh

Karena itu, Ia mengulanginya lagi. ASN DKI Jakarta harus tangguh.

"Katakan pada semua: "Ya, anggaran kita turun. Ya, pendapatan kita berkurang. Ya, TKD kita berkurang. Tapi kita tetap penuh komitmen untuk terus bekerja bagi rakyat Jakarta!" Jangan pernah luntur! Jangan goyah! Jangan lesu! Tunjukkan di depan keluarga, di depan kolega, di depan warga semua: dalam kondisi penuh cobaan seperti ini, ASN DKI Jakarta tangguh," ujar Anies.

"Saudara-saudara harus ingat, kita ditakdirkan untuk menjadi angkatan yang berjuang menghadapi wabah dan semua dampaknya. Jalani tanggung jawab sejarah ini dengan rasa bangga, dengan penuh semangat, dan penuh rasa tanggung jawab!" demikian Anies Baswedan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.