Sukses

Resmi Dampingi Anies, Riza Patria Mulai Berkantor di Balai Kota DKI Besok

Liputan6.com, Jakarta - Ahmad Riza Patria resmi menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta setelah dilantik Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (15/4/2020). Riza menyatakan, akan mulai berkantor di Balai Kota DKI Jakarta pada Kamis 16 April 2020 besok.

"Besok Pak Anies akan mengundang saya dan mengundang seluruh jajaran SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah). Pak Gubernur akan menjelaskan program-program yang akan dilaksanakan," kata Riza Patria di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Hari pertamanya kerja sebagai Wagub DKI juga akan digunakan untuk bersilaturahmi dan berkenalan dengan jajaran Pemprov DKI Jakarta. Dia berharap kehadirannya dapat membatu kinerja Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Sebagai Wagub, dia menyatakan akan membantu kinerja dan menyelesaikan tugas kepala daerah. Saat ini Jakarta tengah melaksanakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19.

"Membantu gubernur dalam rangka memimpin pemerintahan daerah, memantau, mengevaluasi, memberikan pertimbangan, rekomendasi dan melaksanakan tugas," kata Riza Patria.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dilantik Jokowi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik Riza Patria sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta di Istana Negara Jakarta, Rabu (15/4/2020). Politisi Partai Gerindra ini mengisi kursi Wagub DKI yang kosong hampir dua tahun sejak ditinggal Sandiaga Uno.

Riza Patria dilantik berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 40/P Tahun 2020 tentang Pengesahan Pengangkatan Wakil Gubernur DKI Jakarta sisa masa jabatan 2017-2022.

Jokowi diikuti Riza Patria melakukan prosesi kirab dari Istana Merdeka menuju Istana Negara. Mereka tiba di Istana Negara sekitar pukul 13.10 WIB, pelantikan dimulai.

Jokowi kemudian membimbing Riza Patria mengucapkan sumpah jabatan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur dan wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh UUD negara RI tahun 1945 dan menjalankan segala UU dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa," ujar Riza Patria mengikuti ucapan Jokowi.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: