Sukses

Glenn Fredly Meninggal, Ahok hingga Presiden Jokowi Berduka

Liputan6.com, Jakarta - Glenn Fredly meninggal dunia di RS Setia Mitra, Jakarta Selatan pada Rabu 8 April 2020. Penyanyi berusia 44 tahun wafat itu karena sakit meningitis yang dideritanya.

Ucapan duka atas meninggalnya Glenn Fredly pun mengalir, baik dari kalangan artis, hingga para menteri di jajaran Kabinet Indonesia Maju, bahkan dari Presiden Joko Widodo.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengungkapkan rasa duka kepergian Glenn Fredly melalui laman Instagram miliknya @jokowi, Kamis (9/4/2020).

"Saya mendengar kabar duka ini semalam, bahwa seniman musik Glenn Fredly Deviano Latuihamallo telah meninggalkan kita untuk selamanya. Kepergian Glenn Fredly adalah kehilangan besar bagi dunia musik bangsa ini," tulis Jokowi.

Ucapan duka juga datang dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Ia mengunggah ucapan duka cita melalui laman Instagram miliknya @erickthohir.

"Selamat Jalan Glenn, karyamu akan selalu abadi," tulis Erick dalam akun resmi instagramnya, Rabu, 8 April 2020.

Berikut ucapan duka cita atas meninggal dunianya Glenn Fredly dari para menteri hingga Presiden Jokowi dihimpun Liputan6.com:

 

2 dari 8 halaman

Menteri Keuangan Sri Mulyani

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati ikut berduka atas berpulangnya musisi Glenn Fredly ke hadapan Tuhan Yang Maha Esa.

Menurut Sri Mulyani, Glenn merupakan seorang sosok yang sangat peduli dengan perkembangan musik dan juga kesejahteraan musisi di Indonesia.

Oleh sebab itu, tak jarang Sri Mulyani mengudang musisi asal Ambon tersebut berdiskusi bersama untuk mengembangkan industri musik di Indonesia.

Meninggalnya Glenn Fredly tentu saja membuat Sri Mulyani berduka. Ia pun mengucapkan selamat tinggal kepada penyanyi anggota Trio Lestari tersebut.

"Selamat tinggal Glenn Fredly, kepedulianmu adalah warisan abadi bagi dunia seni musik Indonesia," tulis Sri Mulyani sepeti dikutip dari akun resmi instagramnya, Rabu, 8 April 2020.

Selengkapnya, berikut ini torehan tulisan Sri Mulyani mengenang Almarhum Glenn Fredly:

"Seorang teman yang memiliki kepedulian yang sangat besar terhadap berkembangnya industri musik dan kesejahteraan para musisi serta seniman Indonesia.

Beberapa potongan interaksi Glenn Fredly dengan saya.

Glenn Fredly memeriahkan revitalisasi kawasan Blok M (M Bloc Space) menjadi kawasan kreatif dan performance para artis muda.

Glenn Fredly peduli dan cinta kepada Tanah Ambon sebagai Kota Musik Indonesia.

Glenn Fredly hadir di Kemenkeu untuk berdiskusi mengenai bagaimana kita bisa mengembangkan industri musik di Indonesia.

Selamat tinggal Glenn Fredly, kepedulianmu adalah warisan abadi bagi dunia seni musik Indonesia.

Selamat jalan ke peristirahatan terakhir, Glenn Fredly. Semoga engkau mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa.

Salam dan peluk duka terdalam teruntuk Mutia Ayu dan putri tercinta Gewa.

Ayahmu adalah sosok yang sangat membanggakan.Indonesia, kami semua kehilangan Glenn Fredly."

 

3 dari 8 halaman

Seskab dan Menteri BUMN

Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung turut menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Glenn Fredly. Ucapan itu ia tulis di akun Instagram pribadinya, @pramonoanungw.

"RIP Bung @glennfredly309 pesanmu untuk Presiden @jokowi sdh saya sampaikan," tulis Pramono, Rabu malam.

Namun Pramono tak menjelaskan apa pesan Glenn untuk Jokowi. Dia hanya turut mendoakan penyanyi asal Ambon itu menuju peristirahatan terakhirnya.

"Selamat jalan sahabat, doa banyak orang yg mencintaimu akan mengantarkanmu #mendoakan #selaludikenang #bersyukurmengenalmu," tulisnya lagi.

Tak hanya Seskab Pramono Anung, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir juga menyampaikan ucapan belasungkawa atas kepergian Glenn Fredly.

"Selamat Jalan Glenn, karyamu akan selalu abadi," tulis Erick dalam akun resmi instagramnya.

Erick mengungkapkan duka cita yang mendalam atas meninggalnya salah satu musisi kebanggaan Indonesia tersebut.

Ia pun mendoakan agar Glenn Fredly mendapat tempat terindah di sisi Tuhan Yang Maha Esa.

"Semoga keluarga yang ditinggalkan dapat diberikan ketabahan dan kesabaran," tulisnya lagi.

 

4 dari 8 halaman

Duka Ahok, Fadli Zon, dan Fahri Hamzah

Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama atau BTP alias Ahok juga mengucapkan duka cita atas meninggalnya Glenn Fredly.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan belasungkawanya melalui akun Instagram @basukibtp pada Rabu, 8 April 2020 malam.

"Selamat jalan @glennfredly309. Salah satu musisi panutan yang dimiliki oleh Indonesia. Rest In Peace," tulis Ahok.

Dalam postingan itu, Ahok juga menyertakan foto hitam putih dirinya saat tengah berbincang dengan Glenn Fredly di suatu acara. Unggahan tersebut mendapat 100 ribu lebih respons like atau suka dan 900 komentar.

Kemudian, politikus senior Partai Gerindra Fadli Zon juga turut berbelasungkawa atas meninggalnya Glenn Fredly. Fadli mengenang saat pertama kali melihat Glenn menyanyi dari layar televisi.

"RIP Glenn Fredly, penyanyi hebat. Pertama kali nonton di TVRI. Th 2018 sempat diundang ke acara Tompi n Glenn. Pernah janji mw lihatin koleksi piringan hitam (PH) sy, tp tak kesampaian. Turut berduka cita sedalam2nya. Kita kehilangan salah satu aset nasional. Selamat jalan @glennfredly309," tulis Fadli di akun Instagramnya @fadlizon, Rabu malam.

Wakil Ketua DPR periode 2014-2019 itu juga mengunggah kenangan saat dirinya bersama politikus senior Fahri Hamzah, musikus Tompi, dan Glenn berada di satu acara yang sama lengkap dengan tiga slide foto mereka berempat.

"Kenangan di bulan Februari 2018, saya dan bro @fahrihamzah hadir sbg undangan di acara talkshow @dr_tompi dan @glennfredly309 di @narasi.tv. kami ngobrol banyak hal. Saya turut berduka cita sedalam-dalamnya atas kepergian @glennfredly309. #restinpeace Glenn Fredly, penyanyi hebat. Kita kehilangan salah satu aset nasional. Selamat jalan Glenn," tulis Fadli Zon.

Wakil Ketua DPR periode 2014-2019 Fahri Hamzah juga turut kehilangan sosok Glenn Fredly. Lewat akun Instagramnya @fahrihamzah, pendiri Partai Gelombang Rakyat (Gelora) ini turut mengenang saat bersama Glenn di satu acara.

"Saya @fadlizon @dr_tompi dan mendiang @glennfredly309 berfoto dengan gaya “action” sekitar Maret 2018. Kami berbicara seru di @narasi.tv atas undangan @najwashihab sang pemilik.Hari ini, kita mendengar Glenn pergi. Siapa yang tak terluka. Selamat jalan #glennfredly#fahrihamzah #indonesia," tulisnya, Rabu malam.

Sama seperti Fadli Zon, Fahri juga memasang foto saat mereka bersama Glenn Fredly dan Tompi berada dalam satu acara yang sama.

 

5 dari 8 halaman

Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Menteri Teten

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan ucapan belasungkawa atas berpulangnya penyanyi Glenn Fredly pada Rabu, 8 April 2020.

Lewat akun Instagram pribadinya, Emil mengunggah foto hitam putih saat dirinya bersalaman dengan Glenn dan saat penyanyi berdarah Maluku itu sedang manggung.

Emil menyampaikan apresiasi untuk kiprah Glenn di dunia musik Indonesia yang sangat inspiratif.

"Kita turut berduka cita atas berpulangnya musisi kebanggaan tanah air, Glenn Fredly," tulisnya.

"Karya musiknya, pesan-pesan kemanusiaannya juga semangat persatuannya akan selalu menjadi inspirasi bagi kita, yang saat ini masih diberi Tuhan kesempatan untuk memperbaiki diri dan kesempatan untuk lebih memuliakan sesama," tulis Emil.

Menurut mantan wali kota Bandung ini, Indonesia telah kehilangan salah satu penyanyi sekaligus musisi hebat seperti Glenn Fredly.

"You are gone too soon. Selamat jalan dalam damai Glenn Fredly. Doa terbaik dari kami semua," tuturnya.

Senada, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki juga mengucapkan rasa duka cita kepergian Glenn Fredly.

"Turut berduka cita sedalam-dalamnya atas kepergian musisi kebanggaan tanah air. Selain sebagai musisi, beliau juga aktivis penggerak UKM Kreatif dan co-founder @mblocspace," tulis keterangan di akun resmi instagram Kementerian koperasi dan UKM, Kamis (9/4/2020).

Dalam unggahannya, Menteri Teten mengunggah foto kebersamaannya dengan Glenn, yang saat itu sedang melakukan survei tempat di M Bloc Space.

Selain itu, juga dituliskan doa untuk Glenn, semoga amal dan ibadahnya diterima di sisi Tuhan yang Maha Esa, serta keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan kesabaran.

"Selamat jalan ke tempat peristirahatan terakhir Bung Glenn Fredly, terimakasih atas karya-karyamu yang indah, karyamu akan selalu bersama kami," tulisnya lagi.

 

6 dari 8 halaman

Mantan Kepala BIN Hendropriyono

Ketua DPP Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Indonesia (PAPPRI) AM Hendropriyono merasa kehilangan dengan kepergian musisi Glenn Fredly untuk selama-selamanya.

Menurut mantan Kepala Badan Intelejen Nasional (BIN) itu, Glenn Fredly merupakan sosok musisi yang patut dijadikan panutan. Glenn Fredly kerap membuatkan konser seniman yang kurang mampu.

"Ia tidak pernah berhenti dalam memperjuangkan nasib para seniman Tanah Air. Ia juga penggerak berbagai konser untuk membantu mereka yang miskin dan menderita," ujar Hendropriyono di Jakarta, Kamis (9/4/2020).

Hendropriyono mengaku terkejut saat mendengar Glenn menghembuskan nafas terakhir.

"Seakan halilintar di siang bolong menjelang sore hari saya mendengar berita Glenn Fredly pergi meninggalkan kami semua keluarga besar PAPPRI," kata dia.

Hendropriyono mengaku kehilangan sosok salah satu motor penggerak di PAPPRI. Menurut Hendropriyono, Glenn merupakan seorang intelektual yang menguasai masalah seni, baik di tataran praktik maupun kebijakan.

"Semangatnya bergelora, disiplinnya tinggi dan penuh dengan sopan santun, luwes dalam bergaul dengan siapa saja dan profesional," kata dia.

Di PAPPRI, menurut Hendropriyono, Glenn merupakan sosok penasihat yang paling produktif. Selain itu, Glenn mampu menciptakan mahakarya yang disebut Hendropriyono sebagai seorang empu, pendekar dan ujung tombak para musisi.

"Selamat jalan Glenn. Kamu pergi meninggalkan gading bagi kami yang indah, tajam dan bernilai luhur," kata Hendropriyono.

 

7 dari 8 halaman

Presiden Jokowi

Tak terkecuali Presidn Joko Widodo atau Jokowi juga turut mengucapkan duka cita atas meninggalnya Glenn Fredly.

"Saya mendengar kabar duka ini semalam, bahwa seniman musik Glenn Fredly Deviano Latuihamallo telah meninggalkan kita untuk selamanya," kata Jokowi melalui akun instagramnya, Kamis (9/4/2020).

Jokowi mengatakan, Glenn Fredly adalah tokoh muda yang menginspirasi anak-anak muda Tanah Air, terutama para pemusik, karena dedikasinya pada seni yang begitu luas dan dalam sebagai pencipta lagu, penyanyi, juga aktivis.

"Kepergian Glenn Fredly adalah kehilangan besar bagi dunia musik bangsa ini," ucap Jokowi.

"Saya dan keluarga menyampaikan duka cita yang dalam kepada keluarga besar mendiang Glenn Fredly, juga kepada seluruh insan musik Indonesia. Glenn Fredly telah berpulang, tapi karyanya akan tetap abadi dan kita nikmati," tandas Jokowi.

8 dari 8 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: