Sukses

Tangkal Corona Covid-19, Teluk Bintuni Optimalkan Sosialisasi ke Masyarakat

Informasi yang keliru kerap diterima oleh masyarakat. Adanya peredaran hoaks dan kiat-kiat yang tidak sesuai dengan anjuran dan imbauan pemerintah bisa menimbulkan kepanikan.

Liputan6.com, Teluk Bintuni- Bupati Teluk Bintuni, Ir Petrus Kasihiw MT bakal mengoptimalkan sosialisasi virus corona covid-19 ke masyarakat di sana. Diharapkan masyarakat bisa menerima informasi yang tepat mengenai virus corona Covid-19.

Orang nomor satu di Negeri Sisar Matiti itu akan membuka opsi penerimaan relawan untuk bergabung bersama Satgas Covid-19 Teluk Bintuni, agar membantu pelaksanaan tugas terutama dalam hal sosialisasi yang selama ini belum bisa berjalan dengan maksimal.

Informasi yang keliru kerap diterima oleh masyarakat. Adanya peredaran hoaks dan kiat-kiat yang tidak sesuai dengan anjuran dan imbauan pemerintah bisa menimbulkan kepanikan maupun ambiguitas persepsi masyarakat terhadap penyebaran dan tingkat persebaran Covid-19 ini.

"Untuk itu, saya menilai sosialisasi ini belum berjalan dengan baik karena menurut saya ada kebijakan kebijakan yang diambil kurang direspon baik masyarakat dan kita tidak bisa salahkan mereka, mengingat pemahaman masyarakat seperti itu," ujar Petrus.

Pada kesempatan yang sama Petrus juga memberikan apresiasi untuk Manajemen Petrotekno Technical School sebagai operator dari Pusat Pelatihan Teknik Industri dan Migas Teluk Bintuni dan BP Tangguh karena telah membantu Satuan Gugus Tugas (Satgas) virus corona covid-19 dengan menyerahkan bantuan Alat Pelindung Diri (ADP).

Bupati Teluk Bintuni mengharapkan sikap yang ditunjukkan oleh kedua perusahaan ini sekiranya bisa diikuti langkahnya oleh perusahaan-perusahaan lain, sebagai bentuk komitmen bersama serta partisipasi untuk memerangi penyebaran virus corona Covid-19 di Teluk Bintuni, Papua Barat.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

APD

Penyerahan bantuan APD telah diserahkan oleh Petrotekno dalam tiga tahap kepada Satgas Covid-19 Teluk Bintuni untuk menunjukkan komitmennya sebagai elemen bersama pemerintah dan masyarakat dalam memerangi penyebaran virus corona covid-19 di Teluk Bintuni.

“Bantuan APD dari Petrotekno telah diserahkan berupa sarung tangan 900 set, kemudian masker kain dan standar medis, infrared thermometer, 10 ribu poster sosialisasi. BP Tangguh juga sudah menyerahkan bantuan APD berupa masker juga, handsanitizer, dan disinfektan. Kemudian mereka juga akan melakukan penyemprotan. Selanjutnya sumbangan APD itu Satgas akan bagikan ke posko-posko lainnya,” ujar Bupati dalam pertemuan bersama kepala-kepala distrik di sekretariat Satgas COVID-19, Sabtu (11/4/2020) malam.

Kinerja Satgas Covid-19 yang telah maksimal membantu pemerintah kabupaten juga mendapat apresiasi dari Bupati Kasihiw. Oleh karena itu, penambahan daya kerja dengan adanya relawan, bisa berdampak signifikan bagi kinerja jajaran pemerintah kabupaten bersama Satgas Covid-19 Teluk Bintuni, dalam hal sosialisasi.

Sosialisasi mengenai pencegahan dan imbauan serta anjuran pemerintah yang berkaitan dengan perang melawan covid-19 ini bisa dilakukan melalui bermacam platform. Dari media sosial, selebaran dan spanduk maupun pengeras suara harus dilakukan terus menerus agar bisa menjadi acuan bagi masyarakat, bagaimana hidup di tengah pandemi covid-19 di Teluk Bintuni.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini