Sukses

Di Tengah Wabah Corona Covid-19, Bagaimana Nasib Binatang di Ragunan?

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sejak 14 Maret lalu telah menutup Kebun Binatang Ragunan imbas mewabahnya virus Corona di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sejak 14 Maret lalu telah menutup Kebun Binatang Ragunan imbas mewabahnya virus Corona di Indonesia.

Setelah sekian minggu di tutup, Humas Kebun Raya Ragunan, Wahyudi mengatakan kondisi binatang di sana dalam keadaan baik.

"Kondisinya baik-baik semua hewannya," ucap Wahyudi kepada Liputan6.com, Jumat (3/4/2020).

Dia menjelaskan, operasional Kebun Binatang Ragunan disubsidi oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Oleh karena tak ada binatang yang terlantar kendati objek wisata itu telah tutup selama beberapa minggu.

"Kan Ragunan punya anggran sendiri sola makanan. Sudah disubsidi oleh Pemprov DKI, jadi gak ada masalah dengan itu (makanan)," katanya.

Wahyudi juga mengatakan, meskipun dalam kondisi tutup, binatang di Ragunan tetap dirawat seperti biasa. Para pegawai pun tetap diperkenankan untuk masuk guna merawat dan menyediakan keperluan binatang.

"Untuk pegawai ya tetap masuk, memberi makan satwa, membersihkan kandang seperti biasa. Namun mereka dijadwal ya, shifting dua hari libur, dua hari masuk," jelasnya.

"Kalau mereka masukpun tidak full sehari. Mereka hanya melaksanakan tugas perawatan satwa, kalau sudah selesai mereka pulang," imbuhnya.

Wahyudi menegaskan bahwa kendati begitu, tak ada bintang di sana yang terlantar, baik dari segi perawatan maupun asupan makanan.

Wahyudi pun menjelaskan, setiap hari pihaknya melakukan penyemprotan disinfektan di kandang binatang. Hal ini guna mencegah tertularnya penyakit kepada binatang-binatang di sana.

"Kalau (penyemprotan) di binatang sudah rutin itu. Sudah setiap hari dilakukan," tuturnya.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kapan Dibuka?

Meskipun masa darurat Covid-19 di Jakarta hingga 19 April nanti, Wahyudi belum bisa memastikan kapan Kebun Binatang Ragunan kembali dibuka. Pasalnya yang menentukan hal itu bukanlah pihaknya, melainkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Kami tetap menunggu instruksi dari pusat ya, dari gubernur dalam hal ini," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.