Sukses

Rayuan Maut Asri Damuna Ajak YouTuber Korea ke Hotel, Berujung Dibebastugaskan

Kementerian Perhubungan membebastugaskan Asri Damuna dari Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Sangia Nibandera Kolaka, Sulawesi Tenggara. Penyebabnya, rayuan maut Asri ke YouTuber Korea Selatan, Jiah viral di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Asri Damuna dicopot dari jabatannya sebagai Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Sangia Nibandera Kolaka, Sulawesi Tenggara. Gara-garanya, aksi Asri merayu YouTuber Korea Selatan Jiah dan mengajak ke hotel, viral di media sosial.

Mulanya, Jiah yang tengah berlibur ke Manado, Sulawesi Utara didatangi dua orang pria, satu di antaranya adalah Asri Damuna. Dalam video yang diunggah Jiah, Asri Damuna mengaku sebagai Albert.

Jiah ketika itu tengah menyantap beberapa masakan khas Manado di sebuah restoran. Di tengah obrolan, Asri langsung mengajak Jiah untuk datang ke hotel tempatnya menginap. Namun ditolak, dengan alasan akan segera pergi ke Bunaken.

"Mampir ke hotel boleh. Mampir ke hotel aku boleh," ujar Albert.

"Tapi jam 2 perahu ke Bunaken (berangkat)," balas Jiah.

Setelah itu, perbincangan dilanjutkan saling sharing antara dua pria dengan Jiah. Mereka turut membahas soal makanan khas daerah sambil menyantap makanan yang ada di meja.

Ternyata, rayuan maut Asri kepada Jiah viral dan diketahui Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. Asri Damuna akhirnya diberi sanksi tegas. Ia dicopot dari jabatannya sebagai Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Sangia Nibandera Kolaka, Sulawesi Tenggara.

"Kementerian Perhubungan sangat menyesalkan video viral yang melibatkan Asri Damuna. Yang bersangkutan telah dibebastugaskan guna memudahkan penyelidikan dan tindakan lebih lanjut," kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati dalam keterangan di Jakarta, Jumat 10 Mei 2024.

Tak hanya dibebastugaskan dari jabatannya, Asri juga akan diperiksa oleh Kementerian Perhubungan dan terancam sanksi jika terbukti bersalah.

"Jika terbukti benar maka artinya yang bersangkutan tidak dapat menjaga maruah sebagai aparatur sipil negara. Kemungkinan akan ada sanksi internal terkait hal tersebut," kata Adita.

Sebelumnya, sebuah video viral di masyarakat. Dalam video tersebut, seorang Youtuber asal Korea Selatan, Jiah, yang tengah berlibur di Manado, Sulawesi Utara, didatangi oleh pria yang diduga adalah Asri Damuna.

Dalam video tersebut, terduga Asri yang mengaku bernama Albert, mengajak Jiah untuk ikut ke hotelnya. Jiah mengunggah konten tersebut di akun media sosialnya.

"Kemenhub berharap kejadian seperti ini tidak terulang lagi. Kami meminta kepada seluruh ASN agar dapat menjaga maruah dan etika baik sebagai pegawai pemerintah," kata Adita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pejabat Kemenhub yang Viral Ajak YouTuber Wanita Korea ke Hotel saat Ini Sedang Diperiksa

Viral di media sosial seorang pria botak terang-terangan mengajak YouTuber wanita asal Korea Selatan ke hotel. Diketahui, pria itu seorang pejabat Kemenhub bernama Asri Damuna, Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara Sangia Nibandera Kolaka, Sulawesi Tenggara.

"Memang benar yang bersangkutan Asri Damuna, Kepala Kantor UPB Sangia Nibandera Kolaka," kata Juru Bicara Menteri Perhubungan, Adita Irawati saat dikonfirmasi, Jumat (10/5/2024).

Namun demikian, Adita belum bisa menjelaskan lebih lanjut terkait sanksi yang bakal dijatuhkan kepada Asri Damuna. Sebab, sampai saat ini Asri masih dilakukan pemeriksaan.

"Ya, dalam pemeriksaan oleh pejabat yang berwenang di Kemenhub," kata Adita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.