Sukses

Tangani Banjir Jakarta, Wali Kota Bogor: Gubernur Anies Sudah Beri Rp 30 M

Menurut Wali Kota Bogor Bima Arya, selama ini Bogor tidak dapat melakukan pencegahan dan hanya bisa memberikan peringatan siaga banjir.

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah beraksi untuk menangani banjir.

Sebab, menurutnya, uang Rp 30 miliar sudah cair ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bogor untuk penanganan banjir.

"Kita apresiasi itu, yang bisa kita apresiasi, kita apresiasi. Yang kritisi, kita kritisi. Tahun lalu kita kritisi karena gubernur terlalu banyak rapat, tapi kurang action. Tapi sekarang sudah action karena sudah turun Rp 30 miliar tadi," ujar Bima Arya di kawasan Senayan, Jakarta, Minggu (16/2/2020).

Ia menuturkan, uang Rp 30 miliar diberikan kepada Pemprov Bogor untuk memperbanyak sumur resapan di kawasan Bogor.

Sebab, kata Bima Arya, selama ini Bogor tidak dapat melakukan pencegahan dan hanya bisa memberikan peringatan siaga banjir.

Dia pun sepakat perlu juga ada pembenahan di hulu untuk mencegah banjir. Menurutnya, masalah banjir tidak bisa dibenahi hanya di dalam kota.

"Yang disampaikan Mas Anies ketika mendebat Pak Basuki (Menteri PUPR Basuki Hadimuljono) betul. Bukan hanya hilir, tapi hulu. Apa yang terjadi di Kota Bogor menentukan apa yang dialami Jakarta," kata Bima.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perlu Kerja Sama

Politikus PAN itu meminta semua pihak bekerjasama menangani banjir Ibu Kota. Karena, menurutnya selama ini isu banjir selalu menjadi masalah politik.

"Poin saya, kalau seperti ini digiring ke politik. Kita harus lihat ini fenomena lintas wilayah, yang bertanggungjawab banyak," jelas Bima Arya.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber : Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.