Sukses

Anies Baswedan dan Bima Arya Menunggangi Kuda di Helaran Bogor

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri helaran seni budaya nusantara di Jalan Sudirman, Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu (30/6/2019).

Dengan mengenakan pakaian adat Betawi, Anies tampak menunggangi kuda bersama Wali Kota Bogor Bima Arya dan Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim dari Balai Kota Bogor menuju lokasi helaran.

Anies juga sempat ikut mendemonstrasikan silat Betawi yang ditampilkan oleh para pendekar asal Kota Bogor.

Sekitar 30 menit setelah menonton pertunjukan, Anies kemudian meninggalkan lokasi helaran dan kembali ke Jakarta untuk menghadiri festival Jakarnaval di Bundaran Hotel Indonesia (HI).

"Kami mengundung khusus Gubernur Jakarta ya Alhamdulillah beliau berkenan hadir, bergembira bersama kita," ucap Bima.

Kehadiran Anies pada helaran, menurut Bima, menandakan bahwa ada hubungan erat antara Jakarta dengan Kota Bogor sebagai penyangga ibu kota. Selain itu juga menunjukkan hubungan baik dirinya dengan mantan Mendikbud tersebut.

"Acara ini juga menyejukkan suasana kebatinan rakyat Indonesia. Kedatangan Anies ini ada simbol-simbol yang kuat. Apa pun pilihannya, partainya, tapi tidak memutus persahabatan," katanya.

Anies juga sempat menyatakan akan menjalin kerjasama yang lebih erat lagi untuk menyelesaikan berbagai persoalan Jakarta dan Bogor, seperti masalah transportasi.

 

2 dari 3 halaman

Diikuti 1.000 Peserta

Helaran ini diikuiti sekitar 1.000 peserta pawai dari berbagai daerah. Masing-masing peserta menampilkan kesenian dari berbagai daerah di nusantara.

Mereka melenggak-lenggok diiringi berbagai musik tradisional antara lain rampak kendang dan jampana di sepanjang Jalan Sudirman, Kota Bogor.

Warga mulai anak kecil hingga orang tua terpantau antusias melihat pertunjukkan helaran seni budaya nusantara dalam rangka memperingati Hari Jadi Bogor ke-537. Tak sedikit pula yang mengabadikannya melalui telpon genggam.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: