Sukses

Diguyur Hujan 4 Jam, Kota Bogor Dilanda Banjir Hingga 1 Meter

Kurang lebih 100 rumah dan beberapa kontrakan termasuk lantai dasar rumah susun sewa (rusunawa) terendam.

Liputan6.com, Bogor - Sejumlah wilayah Kota Bogor, Jawa Barat dilanda banjir, Jumat (7/2/2020) malam. Banjir tersebut diakibatkan curah hujan tinggi yang terjadi selama kurang lebih 4 jam.

Banjir cukup parah terjadi di Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara. Ratusan rumah warga terendam banjir akibat meluapnya Kali Ciheuleut.

"Tinggi muka air mencapai 1 meter," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor Priatna Samsyah.

Data sementara, banjir tersebut mengakibatkan kurang lebih 100 rumah dan beberapa kontrakan termasuk lantai dasar rumah susun sewa (rusunawa) terendam.

"Yang terdampak banjir kurang lebih 79 kepala keluarga KK," ujar Priatna.

Meski terendam banjir, sebagian besar warga tetap milih bertahan di lantai 2 rumah mereka dan menyelamatkan barang-barang berharga ke tempat aman.

"Tidak ada yang mengungsi. Mereka tetap bertahan di rumah masing-masing," ucapnya.

Selain di Cibuluh, banjir juga terjadi di beberapa wilayah lainnya. Berdasarkan hasil laporan petugas di lapangan, banjir juga melanda kawasan Ciparigi, Kecamatan Bogor Utara.

Genangan air juga terjadi di beberapa wilayah di Kecamatan Bogor Barat, yakni ruas Jalan Semplak dari Pusdik Intel hingga Pool Bus Pariwisata Kerub, di sekitar bundaran Komplek Yasmin, dan Gang Mesjid samping Posyandu, Cilendek Barat.

"Untuk tinggi banjir mulai dari 30 cm hingga 90 cm. Namun untuk banjir di wilayah itu, ada yang sudah mulai surut," kata dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masih Mendata Korban

Hingga jelang tengah malam, tim dari BPBD Kota Bogor masih melakukan pendataan di beberapa titik lokasi dan membantu warga yang kebanjiran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.