Sukses

Perludem Sebut Menaikkan Ambang Batas Parlemen Menyimpang Kedaulatan Rakyat

Ketimbang terus meningkatkan nilai ambang batas, Titi mengusulkan perolehan jumlah kursi parlemen diperkecil.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini menilai, meningkatkan ambang batas parlemen (parliamentary threshold) merupakan penyimpangan demokrasi. Peningkatan ambang batas dinilai tak lagi mementingkan kebebasan masyarakat dalam memilih.

"Semakin menaikkan ambang batas, konsekuensinya mendistorsi derajat kedaulatan rakyat," ujar Titi dalam acara peluncuran buku Evaluasi Pemilu Serentak 2019 di D'Hotel, Minggu (2/2/2020).

Titi tak menampik jumlah partai politik di parlemen cukup gemuk. Kendati, menaikkan ambang batas parlemen tidak bisa dijadikan sebagai solusi untuk menyederhanakan parpol.

Terlebih, pemberlakuan ambang batas parlemen hingga saat ini tidak membuktikan penyederhanaan parpol terealisasi. Ketimbang terus meningkatkan nilai ambang batas, Titi mengusulkan perolehan jumlah kursi diperkecil.

"Jadi Perludem itu cukup keras. Ini (menaikan nilai ambang batas) bukan pilihan," kata Titi menegaskan.

Di tataran parpol, nilai ambang batas parlemen masih menuai pro dan kontra. PDIP dalam rapat kerja nasional mengusulkan untuk merevisi UU Pemilu, yakni mengubah pemilu dengan menggunakan sistem proporsional tertutup.

Selain itu, PDIP juga mengusulkan ambang batas parlemen menjadi paling kurang lima persen untuk DPR dan berjenjang ke tingkat di bawahnya (5% DPR RI, 4% DPRD Provinsi dan 3% DPRD Kabupaten/Kota).

Sistem proporsional tertutup hanya memberikan pemilih opsi coblos lambang partai tanpa calon legislatif. Sistem ini terakhir digunakan pada tahun 2004. Namun usulan partai penguasa saat ini ditentang oleh Hanura.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PDIP Dinilai Arogan

Ketua DPP Hanura Inas Nasrullah menolak wacana revisi UU Pemilu untuk menambah ambang batas parlemen (parliamentary threshold) menjadi lima persen. Menurut Inas, PDIP sebagai partai yang lolos ke DPR, arogan karena menghambat partai kecil untuk masuk ke Senayan.

"Partai besar jangan arogan dong, mentang-mentang masuk senayan lalu mencoba untuk menghambat partai-partai kecil agar tidak masuk ke Senayan dengan cara menaikkan PT 5 persen," kata Inas kepada wartawan, Selasa (14/1).

Inas menilai penyederhanaan partai politik di DPR mendorong terbentuknya oligarki. Dia mengatakan, suara rakyat diberangus dan dirampas oleh partai besar melalui revisi UU Pemilu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.