Sukses

BNPB Perkirakan Kerugian Akibat Banjir Capai Ratusan Miliar Rupiah

Banjir merusak fasilitas umum dan rumah warga di Jakarta, Jabar dan Banten.

Liputan6.com, Jakarta - Banjir merusak fasilitas umum dan rumah warga di Jakarta, Jabar dan Banten. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperkirakan kerugian imbas banjir yang terjadi di Jakarta, Jabar dan Banten mencapai ratusan miliar rupiah.

"Kami belum hitung-hitungan ya. (Tapi) ratusan miliar pastilah," papar Humas BNPB di Gudang BNPB, Jatiasih, Bekasi, Sabtu (4/1/2020).

Usai fokus membantu masyarakat, BNPB akan menghitung kerugian akibat banjir

"(Yakni) Bagian Rehab Record yang itung untuk beberapa rusaknya, berapa kerugiannya," ungkap dia.

Sebelumnya, BNPB akan meminta bantuan 5.000 Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk turut membersihkan lumpur sisa banjir di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

"Kita menurunkan lima ribu lebih tentara. BUMN akan bantu juga, masing-masing wilayah kan akan dikasih empat (BUMN), Bekasi empat, Tanggerang empat, DKI juga empat," kata Humas BNPB Agus Wibowo di Gudang BNPB, Jatiasih, Bekasi, Sabtu (4/1/2020).

Menurut dia, BUMN juga akan turut membantu para korban. Baik itu untuk pendanaan, maupun peralatan untuk membersihkan lumpur sisa banjir.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Butuhkan Disinfektan

Agus menyebutkan, pembersihan rumah korban banjir tersebut juga membutuhkan antikuman atau disinfektan. Pasalnya, kata dia usai banjir kerap kali airnya membawa penyakit.

"Rumah-rumah disemprot juga seperti itu. Supaya rumah steril supaya nanti orangnya enggak sakit," tutur dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.