Sukses

Selamat Tahun Baru 2020

Acara malam pergantian tahun baru di Tanah Air dimeriahkan dengan sejumlah perayaan.

Liputan6.com, Jakarta - Selamat Tahun Baru 2020. Acara malam pergantian tahun baru di Tanah Air dimeriahkan dengan sejumlah perayaan.

Di Ibu Kota, Pemprov DKI Jakarta menggelar malam bebas kendaraan bermotor atau car free night (CFN) di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat dalam rangka menyambut malam tahun baru 2020.

Pemprov DKI menyiapkan lima panggung hiburan untuk menghibur warga ibu kota dan sekitarnya menikmati malam tahun baru 2020. Panggung-panggung itu tersebar di sejumlah titik sepanjang Jalan Sudirman hingga kawasan Monas, Jakarta Pusat.

"Kami menyiapkan lima panggung hiburan untuk warga Jakarta ataupun Jabodetabek," ucap Kepala Dishub Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo saat ditemui di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat. Selasa (31/12/2019).

Lima titik lokasi panggung hiburan berada di Bundaran HI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Silang Monas Barat Daya, depan Gedung Jaya MH Thamrin, dan Taman Budaya Dukuh Atas. Acara dimeriahkan sejumlah artis ibu kota hingga puncak pergantian tahun.

Hujan deras sempat mengguyur Ibu Kota. Namun, tidak menyurutkan masyarakat untuk berbondong-bondong ke kawasan Bundara HI untuk merayakan malam pergantian tahun baru.

Kapolda Metro Jaya Komjen Gatot Eddy Pramono pun mengimbau masyarakat DKI Jakarta merayakan malam Tahun Baru 2020 dengan tertib dan aman.

"Jangan lagi ada kumpulan-kumpulan orang, nanti bisa bergesekan, ini bisa menimbulkan keributan, ini kita hindari," ujar Gatot di Mapolda Metro Jaya, Selasa (31/12/2019).

Selain itu, dia juga menyarankan agar masyarakat tak memasang petasan. Hal ini juga bisa menimbulkan keributan di malam tahun baru.

"Kemudian juga penggunaan petasan jangan sampai terjadi, ini kita minimalisir," kata dia.

Hujan deras mengguyur Jakarta jelang malam pergantian tahun baru, Selasa (31/12/2019).(Liputan6.com/ Yopi Makdori)

Dia juga menyarankan agar tak ada aksi kebut-kebutan di jalan. Dia meminta warga yang merayakan malam pergantian tahun baru tetap mematuhi peraturan.

Perayaan meriah malam pergantian tahun baru juga digelar di Bali. Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park, Bali, menyiapkan acara ‘Bali Countdown 2020’. Acara tersebut bertema The Biggest Firework itu siap meluncurkan 20 ribu kembang api yang memiliki 20 tipe. Pesta kembang api kali ini menjadi yang terbesar di Bali saat pergantian tahun.

"Peluncuran pertama itu pada pukul 21.00 Wita. Puncaknya pada pukul 00.00 Wita saat pergantian tahun," ucap Marketing Communication & Event Division Head GWK Culture Park, Andre Prawiradisastra.

Di Bogor, Kepolisian Polres Bogor akan menerapkan Car Free Night atau penutupan jalur Puncak pada saat malam pergantian Tahun Baru 2020.

Penutupan jalur ini akan mulai diterapkan Selasa malam (31/12/2019) pukul 18.00 hingga Rabu (1/1/2020) pukul 06.00 WIB. Car Free Night sepanjang 22 km ini dimulai dari Cigadog hingga Kawasan Puncak.

Sementara itu, Presiden Jokowi menghabiskan malam pergantian tahun di Gedung Agung, Istana Yogyakarta. Kota Pelajar itu dipilih lantaran waktunya berbarengan dengan agenda kepresidenan.

Kunjungan mantan Gubernur DKI Jakarta itu ke Yogyakarta memang untuk meresmikan Bendung Kamijoro di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, Selasa (31/12/2019).

"Ya pas di Yogya saja. Ini kan karena pas meresmikan Bendung Kamijoro, ya sudah menginap sekalian," ujar Jokowi kepada wartawan usai meresmikan Bendung Kamijoro.

Selain itu, dia menyebut bahwa Yogyakarta merupakan daerah yang istimewa. Meski begitu, Jokowi mengatakan, tak ada perayaan yang meriah dalam menyambut tahun baru 2020.

"Ya karena di Yogyakarta ada ngarso dalem (Sultan Hamengkubuwono X, Gubernur DIY Yogyakarta). Istimewanya di situ," ucapnya.

Jokowi berharap, tahun depan akan lebih baik dari tahun sebelumnya. Baik untuk masyarakat Indonesia atau pemerintah ke depan.

"(Harapan 2020) Lebih baik," singkat Jokowi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Operasional Transportasi Umum Diperpanjang

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo mengimbau masyarakat untuk menggunakan kendaraan umum dari pada kendaraan pribadi saat perayaan malam pergantian tahun baru 2020.

"Kami mengimbau masyarakat tidak menggunakan transportasi pribadi," kata Syafrin saat memantau kendaraan lalu lintas di Bundaran HI, Selasa (31/12/2019).

Syafrin mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir mencari transportasi umum pada saat perayaan tahun baru dikarenakan Transjakarta beroperasi 24 Jam.

PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI), operator KRL Commuter Line juga memperpanjang jam operasionalnya demi memberikan pelayanan kepada pengguna jasanya yang merayakan momen pergantian tahun 2019 ke 2020. KRL commuter line beroperasi hingga pukul 03.00 WIB pada 1 Januari 2020.

"Perjalanan KRL tambahan tersebut diberlakukan mulai pukul 22.27 WIB sampai pukul 03.00 WIB," kata Vice President Corporate Communication PT KCI Anne Purba dikutip dari keterangan resminya, Selasa (31/12/2019).

PT KCI menambah sebanyak 28 perjalanan KRL tambahan khusus perayaan pergantian tahun. Setelah pukul 03.00 WIB maka seluruh lokasi stasiun kembali steril. 

Moda Raya Terpadu (MRT) memperpanjang jam operasionalnya. MRT rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia (HI) beroperasi hingga pukul 02.30 WIB dini hari pada malam tahun baru 2020.

Selain MRT, Lintas Rel Terpadu (LRT) Jakarta rute Velodrome-Kelapa Gading juga memperpanjang jam operasionalnya untuk melayani pengguna yang merayakan malam pergantian tahun. LRT Jakarta akan beroperasi hingga pukul 02.00 WIB pada 1 Januari 2020.

Sementara itu, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menyiapkan 183 Armada Malam Hari (Amari) untuk melayanani penumpang pada perayaan Tahun Baru 2020 dan mengantisipasi lonjakan penumpang yang merayakan pergantian tahun di Ibu Kota.

"Dari total normalnya 55 unit, ternyata sesuai prediksi ini akan meningkat pesat, termasuk beberapa masukan dari masyarakat sehingga kita tambah tiga kali lipat lebih selama pergantian tahun baru," kata Direktur Pelayanan dan Pengembangan PT Transjakarta Achmad Izzul Waro di Plaza Indonesia, Senin (30/12/2019).

3 dari 3 halaman

Pengamanan

Polda Metro Jaya menerjunkan 10.000 personel untuk pengamanan malam tahun baru. Petugas berasal dari masing-masing kantor polisi wilayah Jakarta.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, di kantornya, Senin 30 Desember 2019 mengatakan, ada beberapa tempat yang menjadi skala prioritas untuk kegiatan pergantian tahun baru.

Pertama ada di Ancol, Jakarta Utara. Di sana, ada titik yang dijadikan arena pesta kembang api. Kedua di Monas dan ketiga di Bundaran HI.

"Dan juga nanti ada kegiatan kantor gubernur DKI Jakarta itu mulai dari sore ada kegiatan nikah masal sebanyak 3.000 karena memang mulai 17.00 WIB akan dilaksanakan car free night dari mulai Thamrin sampai Sudirman juga ada tambahan sedikit di Medan Merdeka Selatan," kata Yusri.

Yusri melanjutkan, polisi juga mengamankan lokasi 5 panggung gembira yang disiapkan di Jakarta. Pertama di Monas, kedua di kantor gubernur DKI, ketiga di Bundaran HI, empat jalan Dukuh Atas dan di depan kantor jaya daerah Thamrin.

Sementara itu, Kepolisian Resor Metro Jakarta Timur mengerahkan sejumlah personel penembak jitu yang akan ditempatkan di sejumlah titik rawan keramaian masyarakat jelang tahun baru 2020, Selasa.

"Penembak jitu kita tempatkan di beberapa lokasi yang sangat rawan. Tapi sejauh ini situasi masih terpantau kondusif," kata Kapolrestro Jakarta Timur Kombes Pol Arie Ardian di Jakarta.

Kapolda Metro Jaya Komjen Gatot Eddy Pramono mengatakan, pengamanan tidak hanya dilakukan di malam tahun baru. Dia menyebut, personel gabungan juga akan mengamankan masyarakat yang ingin berlibur tepat pada 1 Januari 2020.

"Termasuk besok harinya. Besok hari itu biasanya banyak di Ancol, Ragunan, dan Taman Mini sudahi kita siapkan (pengamanan)," kata Gatot.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.