Sukses

Mudik Gratis Jasa Raharja, Ribuan Petugas di Seluruh Indonesia Siap Layani 24 Jam

Selain menyediakan mudik gratis, Jasa Raharja juga menyediakan mobil unit keselamatan lalu lintas yang tersebar di 29 kantor cabang.

 

Liputan6.com, Jakarta Mudik merupakan budaya masyarakat Indonesia yang kerap dilakukan dalam rangka menyambut hari raya besar, seperti Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Berkaitan dengan mudik, PT Jasa Raharja (Persero) mengadakan kegiatan mudik gratis.

Mudik gratis ini bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan, di mana pihak Jasa Raharja menyediakan 20 bus yang akan diberangkatkan dari Jakarta ke Jawa Tengah. Ada pula yang berangkat dari pulau dari Bali. 

Selain dari Jakarta dan Bali, ada juga keberangkatan dari Maluku. Demikian dikatakan oleh Direktur Operasional PT Jasa Raharja Amos Sampetoding. Keberangkatan itu menggunakan moda transportasi kapal laut untuk tujuan Namrole, Leksula, dan Saparua Maluku Tengah. Masih menggunakan kapal laut, mudik gratis bersama Rasa Raharja juga ada pemberangkatan dari Makassar menuju Maumere.

Tahun ini, mudik gratis dari Jasa Raharja ditargetkan akan diikuti oleh sekitar 500 orang di masing-masing kota keberangkatan. Kegiatan setiap tahunnya ini dilakukan melihat tingginya antusiasme masyarakat untuk mengikuti mudik gratis.

"Tahun lalu banyak tuntutan, banyak yang berminat. Melihat antusiasme masyarajat akan kita fasilitasi," kata Amos saat konferensi pers persiapan Jasa Raharja pada PAM Natal 2019 dan tahun baru 2020, Jakarta, Rabu (4/12).

Dia mengatakan, kegiatan mudik gratis Nataru ini merupakan salah satu program bersama pemerintah untuk membantu dan mempermudah masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik ataupun berlibur. Selain itu juga mengajak masyarakat untuk pindah dari menggunakan kendaraan pribadi beralig ke angkutan umum.

Selain menyediakan mudik gratis, Jasa Raharja juga menyediakan mobil unit keselamatan lalu lintas yang tersebar di 29 kantor cabang. Pemudik bisa mendapatkan pemeriksaan medis dan obat-obatan yang dibituhkan secara gratis. Jasa Raharja juga akan menyambangi posko-posko lalu lintas dan akan memasang spanduk peringatan di beberapa titik yang ditujukan bagi pengendara agar berhati-hati.

"Kami juga memasang beberapa sarana dan prasarana untuk kelancaran lalu lintas. Kami akan oasang hampir seribu spanduk di daerah-daerah yang sering terjadi kecelakaan," jelasnya.

Tidak hanya itu, Jasa Raharja juga menyiagakan 2000 petugas yang tersebar di seluruh Indonesia yang akan melayani 24 jam. Petugas akan memonitor kasus kecelakaan selama periode Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 serta melakukan proses penyelesaian santunan bagi korban kecelakaan.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini