Sukses

Perenang Andalan Jabar jadi Pembawa Obor di Opening Ceremony POPNAS 2019

Gemuruh tepuk tangan seisi Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brojonegoro Jakarta pun lanjut mengiringi pembukaan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XV/2019 DKI Jakarta dan Jawa Barat (Jabar) yang diikuti 34 provinsi se-Indonesia itu.

Liputan6.com, Jakarta Gemuruh tepuk tangan seisi Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brojonegoro Jakarta pun lanjut mengiringi pembukaan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XV/2019 DKI Jakarta dan Jawa Barat (Jabar) yang diikuti 34 provinsi se-Indonesia itu.

"...dengan mengucapkan bismillah, POPNAS ke-15 di Jakarta tahun 2019 saya nyatakan resmi dibuka," ucap Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.

Adapun opening ceremony dimulai pukul 19.30 WIB dengan penampilan tarian musik Betawi. Berikutnya, defile atlet perwakilan masing-masing provinsi, mulai Aceh hingga Papua Barat, masuk dan berbaris di depan panggung.

Pembawa acara pun memperkenalkan Ketua Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jabar Engkus Sutisna yang hadir langsung dalam opening ceremony (upacara pembukaan) sebagai Pimpinan Kontingen Tim Jabar.

Berikutnya, acara dilanjutkan dengan pengibaran bendera Merah-Putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya. Sementara dalam sambutannya, Menpora Zainudin Amali mengapresiasi Provinsi DKI Jakarta dan Jabar yang bersedia menjadi tuan rumah dalam waktu singkat.

"Kerja sama yang baik antara Kemenpora dan Pemda Provinsi DKI dan Jabar, maka dalam waktu singkat kita bisa mempersiapkan POPNAS ke-15 tahun 2019," ucap Zainudin.

"Semoga POPNAS ini akan melahirkan atlet berbakat dan berprestasi. Dengan mengucapkan bismillah, POPNAS ke-15 di Jakarta tahun 2019 saya nyatakan resmi dibuka," tambahnya.

Kemudian, acara masuk ke pembacaan janji atlet oleh Triolin Yarisetow (Papua) dan janji wasit oleh Letkol Agustina Kurbiana (Jakarta). Setelah dilanjutkan dengan parade carnival, opening ceremony POPNAS XV/2019 masuk ke puncak acara.

Saat itulah perenang putri andalan Jabar asal Cimahi, Adellia, menjadi satu dari empat atlet terpilih yang membawa obor POPNAS untuk diserahkan kepada Menpora. Setelah diterima oleh Menpora dan dibawa ke atas panggung, api POPNAS pun menyala dan konfeti yang ada semakin menambah semarak momen tersebut.

Opening ceremony pun resmi berakhir sekira pukul 21:15 WIB. Menurut Adellia, pengalamannya membawa obor dalam acara pembukaan POPNAS membuat dirinya senang sekaligus bangga.

"Kaget sih, senang juga. Baru pertama kali terlibat langsung di opening ceremony," ucap Adellia.

Sebagai salah satu atlet kebanggaan Jabar, Adellia sendiri meraih empat emas pada ASEAN School Games 2019 di Semarang Juli lalu. Gadis kelahiran 18 November 2004 ini berujar sudah menyukai renang sejak TK dan serius menekuni olahraga air ini mulai SD.

"Saya bermain di nomor 50 meter, 100 meter, dan 200 meter gaya dada. Cita-cita saya bisa ikut hingga Olimpiade," ujar siswa SMAN 5 Cimahi ini.

Di POPNAS XV/2019, Adellia berharap bisa menyumbang emas untuk Jabar. Dan bersama ratusan atlet pelajar lain di tim, dia berharap bisa mendapatkan hasil memuaskan di ajang dua tahunan ini. "Semoga bisa membanggakan Jawa Barat," harapnya.

Terpisah, Kepala Dispora Jabar Engkus Sutisna berpesan kepada Kontingen Tim Jabar agar menjaga kekompakan dan terus semangat mewujudkan Jabar Juara.

"Tentunya mereka harus fit saat bertanding, jaga kesehatan, makan-minum," ucap Engkus saat ditemui usai acara.

"Target juara umum (dari 2017) juga mau tidak mau, suka tidak suka, harus kita pertahankan. Dan saya yakin, dengan seleksi yang ada, pemusatan latihan, tinggal kita tentukan (hasil) di lapangan," tambahnya.

Terkait Adellia yang menjadi salah satu pembawa obor POPNAS XV/2019, Engkus berharap hal itu bisa memotivasi atlet-atlet muda lainnya untuk terus berprestasi.

"Saya yakin akan memotivasi junior-juniornya, teman-temannya, yang baru muncul dan bertanding di POPNAS ini," ujar Engkus mengakhiri.

POPNAS ke-15 sendiri mempertandingkan 13 cabang olahraga (cabor) dengan 221 nomor pertandingan. Di hari pertama sekaligus hari pembukaan pada Minggu (17/11), Jabar mendulang dua emas dari cabor karate. Pekan olahraga para pelajar se-Tanah Air ini akan ditutup pada Minggu (24/11).

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini