Sukses

Warga Korban Banjir di Bekasi Mendapat Bantuan dari Himpuni

Bantuan yang diberikan Himpuni diperuntukkan bagi 650 kepala keluarga yang tinggal di Perumahan Kemang IFI, Jati Rasa, Kota Bekasi.

Liputan6.com, Jakarta - Perhimpunan Organisasi Alumni Perguruan Tinggi Negeri seluruh Indonesia (Himpuni) mengadakan bakti sosial guna membantu warga korban banjir di Perumahan Kemang IFI, Kelurahan Jati Rasa, Kecamatan Jati Asih, Kota Bekasi, Jawa Barat, Minggu (12/1/2020).

Bantuan yang diberikan Himpuni diperuntukkan bagi 650 kepala keluarga yang tinggal di perumahan tersebut, berupa 650 paket sembako 650 paket alat kebersihan serta 100 paket perlengkapan dan makanan batita.

Wakil Ketua Tim Bakti Sosial Himpuni Peduli Banjir Puthut Yulianto mewakili Ketua Tim Sis Apik Wijayanto mengatakan, selain memberikan paket bantuan tersebut, Himpuni juga memberikan bantuan pengoperasian alat berat berupa wheel loader dan dumptruck untuk membantu warga membuang sampah berupa kasur, sofa dan sampah rumahtangga lainnya.

Kemudian, ada pengobatan gratis oleh tim dokter Himpuni, distribusi air bersih siap minum untuk seluruh warga 14 RT (rukun tetangga) selama 4 hari, hingga memberikan bantuan material berupa pasir, batu dan semen guna memperbaiki tanggul sungai yang jebol.

"Pemilihan penyaluran bantuan Himpuni di Perumahan Kemang IFI karena kawasan ini mengalami dampak banjir yang cukup parah," jelas Puthut, Senin (13/01/2020).

Sementera itu, Akhmad Muqowam mewakili Presidium III Himpuni mengatakan, aksi sosial di perumahan ini sudah berlangsung selama satu minggu terakhir dan kedatangan mereka kali ini merupakan rangkaian dari kegiatan Himpuni Peduli.

"Himpuni mengkonsentrasikan sumber daya yang ada membantu warga yang mengalami musibah banjir. Saya bersyukur sambutan dan kepedulian dari alumni begitu besar yang tersebar di seluruh Indonesia," kata Muqowam menegaskan.

Kegiatan ini merupakan salah satu di antara sekian program yang dilaksanakan oleh Himpuni, selain membantu masyarakat, sekaligus memberikan aspek perkuatan dan kebersamaan kepada Himpuni dalam sumbangsihnya kepada masyarakat, bangsa dan negara.

Dalam kesempatan itu, Ketua Rukun Warga (RW) 07 Edi Percayadi yang mewakili warga Perumahan Kemang IFI mengatakan, saat banjir datang rumah warga seperti disapu air bah dan ketinggian air mencapai atap rumah. Bahkan, di beberapa titik ketinggian air mencapai tiga meter.

Curah hujan yang ekstrim di awal 2020 ini menyebabkan debit air di Sungai Cileungsi Cikeas yang melintas dekat perumahan warga tidak tertampung, sehingga dengan cepat air meluap serta menerjang rumah warga. Ketika air surut, kondisi perumahan warga dipenuhi endapan lumpur yang tebal dan tumpukan sampah yang terbawa dari sungai.

"Kami sangat berterima kasih atas perhatian dan bantuan yang diberikan Himpuni kepada seluruh warga. Ini sangat berarti untuk meringankan beban kami," ujar Edi Percayadi.

Saksika video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dihadiri Perwakilan Himpuni

Paket bantuan diberikan secara simbolis oleh perwakilan ikatan alumni dari berbagai perguruan tinggi negeri kepada para perwakilan warga. Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua Umum IKA UB A Erani Yustika, Ketum Iluni Andre Rahardian, Ketum IA ITB Ridwan Djamaludin, Wakil Ketua Umum IKA Undip Akhmad Muqowam, dan Ketua Umum IKA Untirta Asep Abdullah.

Hadir pula Waketum IKA ITS Bambang Joedopramono, Ketua VII Kagama Sandhya Yudha, Sekjen KA Unsoed Diah Iswari, Sekjen IA UPN-VI Zulmar, Wakil Sekjen Kagama Hasannudin M Kholil dan Sulastama Raharja, Sekjen IKA UT Sudarmono Leles serta perwakilan dari HA-IPB, IKA UNJ, IKA UA, IKA Unpad serta IKA Universitas Andalas beserta jajarannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.