Sukses

Sama-Sama Balik ke Kampung Halaman, Susi Pudjiastuti dan JK Disambut Warga

Liputan6.com, Pangandaran - Begitu pesawat yang membawa mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Mudjiastuti mendarat, warga dan anak-anak sekolah langsung berlarian mengerubuti Susi untuk bersalaman.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Minggu (27/10/2019), Susi pulang ke Pangandaran, Jawa Barat, untuk pertama kalinya setelah tidak menjabat lagi sebagai menteri.

Saking banyaknya warga yang datang menyambut membuat Susi harus dikawal menuju mobil yang telah disiapkan. Warga dan anak-anak sekolah juga sudah berbaris di pinggir jalan. Bahkan, berlarian sepanjang jalan menuju rumah Susi sejauh 3 kilometer dari lokasi pesawat mendarat.

Susi menyatakan akan libur terlebih dahulu sebelum kembali beraktivitas.

"Ya luar biasa saya senang, alhamdulillah kerjaan saya purna. (Harapan) lebih baik untuk Indonesia," ucap mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Kondisi serupa terlihat di Makassar, Sulawesi Selatan, saat ribuan warga menyambut kepulangan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

Serangkaian upacara pun dilakukan termasuk penyambutan khas Bugis Makassar, yakni angngaru. JK yang didamping sang istri, Mufidah Kalla, mengaku akan menikmati masa purna tugas dengan berfokus pada agama, pendidikan, dan sosial.

"Sudah hampir 20 tahun, capek juga ini kalau sampai masih menjabat, kita mau istriahat saja," ujar Wakil Presiden RI ke-10 dan 12 Jusuf Kalla.

Meski tak lagi menjadi wakil presiden, saat ini JK masih menjabat Ketua Umum Palang Merah Indonesia dan Ketua Dewan Masjid Indonesia.