Sukses

Pemprov DKI Jakarta Gandeng Swasta Garap Proyek RTH

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Dinas Kehutanan DKI Jakarta, Suzi Marsitawati ingin semua pihak terlibat dalam mewujudkan program 30 persen Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Jakarta pada 2030. Sebab, saat ini RTH di Ibu Kota baru mencapai 9,9 persen. 

Tak hanya Pemprov DKI Jakarta saja, Suzi juga meminta pihak swasta ikut ambil bagian dalam program ini.

"Kita harus mendorong memang adanya keterlibatan dari peran swasta yang harus melakukan, mengadakan, menyediakan RTH sebanyak 10 persen," ungkap Suzi di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (17/10/2019)

Suzi menjelaskan, saat ini Dinas Kehutanan memiliki target pembangunan RTH seluas 23 hektar per tahun.

"Kita akan mengubah bukan jadi ruang terbuka hijau, tetapi menjadi ruang hijau," ucapnya.

Suzi menuturkan, ruang hijau yang dimaksud adalah perluasan material, tak hanya lahannya saja. Sebab, pengadaan lahan sulit diwujudkan saat ini, sehingga taman yang sudah ada hanya perlu ditambah fasilitasnya.

Selain itu, ada rencana membangun taman vertikal sehingga tak banyak makan lahan. Tahun depan, Pemprov DKI pun akan meningkatkan pembuatan green garden, vertical garden, dan roof garden. Suzi berharap, pihak swasta dan masyarakat bisa ikut bekerja sama dalam mewujudkan hal itu.

"Misalnya, kita mendorong swasta untuk membuat vertical garden. Banyak kawasan swasta yang sudah menerapkan ramah lingkungan," dia mengakhiri.

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Pembahasan Anggaran Tak Kunjung Rampung, DPRD DKI Bersurat ke Kemendagri
Artikel Selanjutnya
Korban Penggusuran Sunter Minta Pemprov DKI Pulangkan ke Kampung Halaman