Sukses

Terungkap, Ini Penyebab Thareq Kemal Habibie Kenakan Penutup Mata

Liputan6.com, Jakarta - Putra bungsu Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie, Thareq Kemal Habibie menyita perhatian publik karena kerap terlihat mengenakan penutup mata sebelah. Kini teka-teki alasan Thareq mengenakan penutup mata terungkap.

Kakak Thareq, Ilham Habibie mengatakan, adiknya tersebut terkena penyakit glaukoma yang merusak bagian retina mata. Menurutnya, hingga saat ini belum ada teknologi yang bisa kembali memulihkan kondisi mata Thareq. 

"Itu tidak bisa digantikan, dengan teknologi hari ini tidak bisa, sekali rusak selalu rusak, belum ada metode pengobatannya," kata Ilham di Jakarta, Jumat (3/9/2019).

Dilansir Antara, Ilham mengatakan, penyakit yang diderita Thareq berbeda dengan kerusakan mata di bagian kornea. Kerusakan mata pada kornea masih mungkin disembuhkan dengan metode pengobatan saat ini.

Sementara Thareq menderita glaukoma akibat penyakit gula yang sudah ditanggung selama bertahun-tahun.

"Biarpun ya ceritanya indah didengar tapi secara teknis itu tidak bisa dan tidak pernah terjadi kalau kita pakai bahasa, mungkin tidak bisa ditolong," ujarnya.

2 dari 3 halaman

Curi Perhatian Publik

Ada seseorang yang cukup mencuri perhatian saat Presiden ketiga RI BJ Habibie meninggal dunia. Ia adalah putra bungsu BJ Habibie yang bernama Thareq Kemal Habibie.

Sosok Thareq Kemal Habibie mendadak jadi sorotan publik karena penampilannya. Kala memberikan pernyataan resmi usai sang ayah meninggal, penampilan Thareq memicu tanda tanya masyarakat.

Adik dari Ilham Habibie tersebut tampil dengan mengenakan satu penutup mata sebelah kanan.

Dikutip dari berbagai sumber, Thareq Kemal Habibie adalah putra kedua dari BJ Habibie dan Hasri Ainun Habibie. Thareq menikah dengan seorang wanita bernama Widya Leksamanawati pada 1997.

Pernikahan Thareq Habibie dan Widya dikaruniai tiga orang anak, yaitu Farhah Sultan Habibie, Felicia Rasyida Habibie, dan Farrah Azizah Habibie.

Sayangnya, tak banyak informasi tentang putra bungsu Habibie. Informasi tentang Thareq Habibie hanya didapat saat dia hadir dalam acara yang digelar PT Pos Indonesia.

Mengutip laman Merdeka.com, Thareq Kemal Habibie saat itu datang untuk menyaksikan penandatangan kerja sama penerbitan perangko khusus Habibie-Ainun pada tahun 2017. Saat itu Thareq datang mewakili PT Thareq Habibie Carbon.

Sementara itu, mengutip laman Kapanlagi, penampilan Thareq dengan penutup mata bukan yang pertama kali terlihat.

Thareq pernah terlihat memakai penutup mata ketika menjenguk Ani Susilo Bambang Yudhoyono saat dirawat di Singapura. Penampilan yang sama terlihat saat Thareq menghadiri pemakaman istri dari Presiden SBY tersebut.

Mengenakan kopiah berwarna hitam, Thareq duduk tepat di belakang SBY. Saat memberikan kabar duka meninggalnya Habibie, dia pun juga memakai tutup mata.

Hingga saat ini, tidak diketahui jelas mengapa Thareq Kemal Habibie selalu memakai penutup mata. Saat Liputan6.com menanyakannya ke asisten pribadi BJ Habibie, Rubijanto, juga tak ada penjelasan tentang hal itu.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Reza Rahadian Habiskan Waktu 7 Jam untuk Dirias Jadi BJ Habibie
Artikel Selanjutnya
Idham Azis Baca Kutipan BJ Habibie Sebelum Tanda Tangani Pakta Integritas