Sukses

Polri Bidik Keterlibatan Korporasi di Kasus Karhutla

Asep mengatakan, pihaknya berupaya menuntaskan Karhutla. Saat ini pun penyelidikan mengarah ke korporasi.

Liputan6.com, Jakarta Polisi membidik korporasi yang diduga terlibat kasus kebakaran lahan dan hutan (karhutla) di Sumatera dan Kalimantan.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Asep Adi Saputra mengatakan, enam Polda fokus menangani kasus Karhutla. Di antaranya Riau, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan. Sejauh ini, setidaknya ada 26 orang yang ditetapkan sebagai tersangka.

"Mereka adalah warga setempat. Makanya warga-warga ini juga perlu sebuah upaya sosialisasi untuk tidak kembali pembakaran lahan," kata dia di Mabes Polri, Jumat (9/8/2019).

Asep mengatakan, pihaknya berupaya menuntaskan Karhutla. Saat ini pun penyelidikan mengarah ke korporasi.

"Apakah keterlibatan korporasi, karena bagian dari itu ada kepentingan-kepentingan yang lebih besar," ucap dia.

Sebelumnya, Presiden Jokowi tak segan mencopot para Kapolda, Kapolres, Danrem, hingga Pangdam yang tidak mampu mengatasi karhutla.

Hal ini disampaikan Jokowi saat memberikan pengarahan kepada peserta rapat koordinasi nasional pengendalian karhutla tahun 2019 di Istana Negara Jakarta, Selasa 6 Agustus 2019.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.