Sukses

Ini Nama-Nama Calon Hakim Agung yang Lulus Seleksi Tahap II Komisi Yudisial

Calon hakim agung yang memenuhi batas minimum kelulusan dan dinyatakan lulus seleksai tahap kedua sebanyak 29 orang.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Yudisial (KY) Republik Indonesia mengumumkan 29 nama calon hakim agung yang lulus seleksi tahap II atau kualitas. Hasil ini berdasarkan rapat pleno KY pada Rabu, 7 Agustus 2019.

"Calon hakim agung yang memenuhi batas minimum kelulusan dan dinyatakan lulus seleksai tahap kedua sebanyak 29 orang," kata Ketua Bidang Rekrutmen Calon Hakim Agung Aidul Fitriciada Azhari saat jumpa pers di kantor KY, Jakarta, Rabu (7/8/2019). 

Dari jumlah 29 tersebut sebanyak tujuh orang untuk hakim agung kamar pidana dan 11 kamar perdata. Kemudian, empat orang hakim agung kamar militer, empat orang kamar tata usaha negara dan tiga orang untuk kamar agama.

Aidul menambahkan, seleksi kualitas terdiri dari penilaian karya profesi atau yang dimaksud adalah putusan hakim. Bagi hakim yang sudah menjalani sebagai hakim tinggi, maka dia harus memenuhi satu putusan hakim tingkat pertama dan satu putusan hakim di tingkat banding .

Kemudian ada studi kasus kode etik, penulisan makalah di tempat dan studi kasus hukum dalam artian menyusun putusan hakim di tingkat kasasi atau peninjauan kembali. Terakhir, ada tes objektif.

" Jadi ada lima seleksi kualitas yang kami lakukan atau tahap kedua ini," ucapnya.

Selanjutnya, ada tujuh orang calon hakim ad hoc tindak pidana korupsi dan 16 orang calon hakim ad hoc pada hubungan industrial yang terdiri atas orang lima unsur Apindo dan 11 unsur serikat buruh atau pekerja.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nama-Nama Calon Hakim yang Lulus Seleksi

Berikut nama-nama calon hakim agung yang lulus seleksi tahap II atau kualitas :

Kamar Pidana: Adriano, Artha Theresia Silalahi, Lies Sulistiani, Lilik Mulyadi, Reny Halida Ilham Malik, Sinintha Yuliansih Sibarani, Soesilo.

Kamar Perdata: Ahmad M Ramli, Ahmad Shalihin, Dwi Sugiarto, Dyah Ersita Yustanti, Kasianus Telaumbanua,  Maryana, Michael Josef Widijatmoko,Prim Haryadi, R Murjiyanto, Rahmi Mulyati, dan Sumpeno. 

Kamar Militer: Prastopo, Kolonel Sus Reki Irene Lumme, Brigjen TNI Sugeng Sutrisno, dan Kolonel Chk Tiarsen Buaton.

Kamar Agama: Ahmad Choiri, H Busra, Sukiman, dan Syamsul Anwar. 

Kamar Tata Usaha Negara: Abdul Latif, Sartono, Triyono Martanto. 

Hakim Ad Hoc Hubungan Industrial pada Mahkamah Agung Unsur Apindo: Djailani Arifin Putra, Jaka Mulyata,  Parmonangan Siregar, Surya Adinata, dan Willy Farianto. 

Hakim Ad Hoc Hubungan Industrial pada Mahkamah Agung Unsur Serikat Pekerja/Serikat Buruh: Bahal Simangunsong, Elias Hamonangan, Lela Yulianty, M Mariyanto, Mangaraja Manurung, Pungki Setyono, Ramayani Darwis, Rudol,  Sugeng Prayitno, Sugiyanto, dan Tri Endro Budianto. 

Calon Hakim Ad Hoc Tindak Pidana Korupsi pada Mahkamah Agung: H Adly, Agus Yunianto, Ansori, John Dista, Mangasa Manurung, Muhammad Hadin Muhjad, dan Siti Chomariah Lita Samsi. 

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.