Sukses

Warga Tuban Bayar BPJS Pakai Sampah

Warga mengaku, program bank sampah mereka jalani sejak dua tahun lalu dengan rata-rata penduduk desa berprofesi sebagai nelayan.

Fokus, Tuban - Cara unik warga Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, untuk membersihkan sampah yang ada di desanya. Selain menciptakan hidup dengan lingkungan yang sehat, mereka juga dapat mengasuransikan dirinya ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) melalui program bank sampah

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Kamis (20/6/2019), warga mengaku, program bank sampah mereka jalani sejak dua tahun lalu dengan rata-rata penduduk desa berprofesi sebagai nelayan.

Profesi itu dianggap memiliki risiko keselamatan yang tinggi, karena itu jaminan asuransi menjadi penting dan mereka menemukan solusi pembiayaan melalui sampah ini.

Sampah yang mereka kumpulkan disimpan di dalam bank sampah, dicatat, lalu sebulan sekali ditimbang dan dihargai sesuai jenis sampah dan beratnya.

"Kalau tahun lalu, tabungan itu kebutuhannya untuk hari raya. Tapi, untuk tahun ini karena ada BPJS, makanya saya berinisiatif untuk mengalihkan tabungan ini untuk pembayaran premi BPJS," kata Kepala Desa Socorejo Arief Rahman Hakim.

Program bank sampah ini muncul berawal dari persoalan sampah yang tidak kunjung usai di Kampung Nelayan Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Tuban. Dengan program bank sampah ini, warga kini dapat merasakan nilai ekonomi dari barang-barang bekas ini. (Rio Audhitama Sihombing)Â